Daftar Kecelakaan Udara Dunia Olahraga dalam Satu Dekade

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 10:05 WIB
Daftar Kecelakaan Udara Dunia Olahraga dalam Satu Dekade Helikopter Kobe Bryant kecelakaan di perbukitan Calabasas, California. (AP Photo/Kelvin Kuo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah kecelakaan dalam penerbangan menimpa dunia olahraga dalam satu dekade terakhir. Termasuk kecelakaan helikopter Sikorsky S-76B yang merenggut nyawa Kobe Bryant beserta putrinya, Gianna Bryant.

Musibah di udara beberapa kali menggemparkan dunia olahraga yang tidak saja menimpa para atlet atau pelatih, tetapi juga pejabat di klub tersebut.

Sebagian dari kecelakaan itu terjadi dengan menggunakan penerbangan komersil, sedangkan sisanya dengan penerbangan pribadi. Beberapa di antaranya berjenis pesawat, sementara lainnya dengan helikopter.


Berikut sejumlah kecelakaan dalam penerbangan yang menimpa dunia olahraga dalam 10 tahun terakhir:

1. Tim Hoki Lokomotiv Yaroslavl

Tim hoki es asal Rusia Lokomotiv Yaroslavl mengalami kecelakaan pesawat di daerah Yaroslavl pada 7 September 2011 saat menggunakan pesawat jet bermesin tiga Yakovlev Yak-42.

Kecelakaan itu terjadi di Bandara Tunoshna akibat kesalahan pilot, saat pesawat hendak lepas landas menuju Minsk untuk kompetisi musim 2011/2012. Hanya satu orang yang selamat dari kecelakaan itu, flight engineer Alexander Sizov.

[Gambas:Video CNN]

2. Pelatih Basket Oklahoma State University

Kecelakaan tersebut terjadi pada 17 November 2011 di Perryville, Arkansas, Amerika Serikat. Pesawat itu dipiloti mantan Senator Negara Bagian Oklahoma Olin Branstetter.

Empat orang tewas dalam kecelakaan yang menggunakan pesawat jenis Piper PA-28 Cherokee termasuk pelatih Kurt Budke dan asisten Miranda Serna. Istri pilot, Paula, juga ikut tewas. Berdasarkan investigasi menyebutkan kecelakaan terjadi akibat pilot kehilangan kontrol.

Klub Chapecoense kecelakaan pesawat jelang final Copa Sudamericana.Klub Chapecoense kecelakaan pesawat jelang final Copa Sudamericana. (AFP PHOTO / RAUL ARBOLEDA)
3. Klub Sepak Bola Chapecoense

Pesawat LaMia dengan penerbangan 2933 yang membawa 77 orang termasuk skuat klub Brasil Chapecoense mengalami kecelakaan di dekat Medellin, Kolombia, 28 November 2016.

Insiden tersebut menewaskan 71 orang. Satu kru pesawat, tiga pemain, dan dua penumpang lainnya selamat dari kecelakaan itu namun mengalami cedera. Ketika itu, Chapecoense hendak melakoni final Copa Sudamericana 2016 melawan Atletico Nacional.

Helikopter Vichai Srivaddhanaprabha kecelakaan dekat Stadion King Power.Helikopter Vichai Srivaddhanaprabha kecelakaan dekat Stadion King Power. (Photo by Daniel LEAL-OLIVAS / AFP)
4. Helikopter Bos Leicester City

Pemilik klub Leicester City Vichai Srivaddhanaprabha tewas dalam kecelakaan helikopter AugustaWestland AW169 saat lepas landas dari Stadion King Power, 27 Oktober 2018. Lima orang yang berada dalam helikopter tersebut tewas.

Saksi mata menyebutkan helikopter jatuh seperti batu, dengan jarak 200 meter dari King Power. Penyelidik mengesampingkan kemungkinan kecelakaan karena helikopter bertabrakan dengan drone.

Daftar Kecelakaan Udara Dunia Olahraga dalam Satu Dekade
5. Pesawat Emiliano Sala

Penyerang asal Argentina Emiliano Salah jadi korban kecelakaan pesawat Piper PA-46 Malibu yang terjadi di Selat Inggris, Januari 21 2019. Peristiwa tersebut terjadi saat Sala hendak ke Cardiff usai bertolak dari Nantes, Prancis.

Ketika itu Sala baru saja resmi menjadi pemain Cardiff dengan rekor transfer klub sebesar 15 juta Poundsterling dengan durasi kontrak tiga setengah tahun.

6. Helikopter Kobe Bryant

Insiden helikopter Sikorsky S-76B menewaskan delapan penumpang dan satu pilot, dengan dua di antaranya legenda NBA Kobe Bryant tewas bersama putrinya Gianna Bryant, Minggu (26/1) waktu setempat di perbukitan Calabasas, California.

Kobe Bryant saat itu hendak menuju Mamba Academy. Kobe sering menggunakan helikopter guna menghindari kemacetan di Los Angeles.


[Gambas:Video CNN]

(sry/ptr)