Gagalkan 7 Match Point, Federer ke Semifinal Australia Open

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 16:28 WIB
Gagalkan 7 Match Point, Federer ke Semifinal Australia Open Roger Federer ke semifinal Australia Open 2020 dengan kemenangan dramatis atas Tennys Sandgren. (AP Photo/Lee Jin-man)
Jakarta, CNN Indonesia -- Roger Federer lolos ke semifinal dengan kemenangan dramatis atas Tennys Sandgren pada Australia Open 2020 di Rod Laver Arena, Selasa (28/1). Federer tujuh kali menggagalkan match point Sandgren.

Sandgren kerap membuat kejutan di fase menentukan ajang tenis prestisius dengan rekor 5-2 melawan para petenis 20 besar dunia. Catatan itu bahkan lebih baik dari rekor Federer.

Pada set pertama, Federer mampu merebut keunggulan dengan skor 6-3. Sementara Sandgren menang di set kedua dan ketiga, 6-2 dan 6-2, sekaligus mengubah skor 2-1 di tiga set itu,


Federer sempat frustrasi di set ketiga dengan melakukan sejumlah kesalahan. Federer sempat meminta waktu untuk mendapat penanganan medis di set ketiga. Sandgren pun menutup set itu dengan kemenangan 6-2.

Roger Federer berhasil ke semifinal Australia Open 2020. (Roger Federer berhasil ke semifinal Australia Open 2020. (AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez)
Drama terjadi di set keempat. Federer kembali kerepotan menghadapi Sandgren dengan nyeri otot pangkal paha yang mulai dia rasakan.

Secara susah payah Federer masih bisa menggagalkan tujuh kali match-point dari lawannya tersebut. Empat di antaranya pun didapatkan melalui tiebreak.

Federer kemudian memenangkan set keempat dengan kemenangan 7-6 lewat tiebreak 8. Skor kembali sama kuat 2-2.

Federer akhirnya bisa menyudahi perlawanan sengit Sandgren dengan poin kemenangan 6-2 di gim kelima. Petenis 38 tahun tersebut pun berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-2 sekaligus memastikan semifinal Australia Open 2020.

Gagalkan 7 Match Point, Federer ke Semifinal Australia Open
Federer sendiri merasa beruntung masih bisa memenangkan pertandingan melawan salah satu kuda hitam dunia.

"Kadang Anda membutuhkan keberuntungan. Saya hanya berharap dia tidak mengalahkan saya dan saya tetap bertahan di pertandingan. Siapa yang tahu apa yang dia pikirkan?"

"Saya merasa mendapat keberuntungan besar hari ini. Ketika pertandingan berlangsung, saya merasa semakin baik dan tekanan mulai berkurang. Saya tak layak mendapatkan ini [kemenangan], namun saya masih bisa bertahan [di Australia Open] dan saya sangat senang," ujar Federer dikutip dari Eurosport.

Federer kemungkinan bakal menghadapi Rafael Nadal atau Dominic Thiem yang bertanding di perempat final Australia Open 2020. (bac/jun)