Shin Tae Yong Soroti Kelemahan Pertahanan Timnas U-19

CNN Indonesia | Selasa, 28/01/2020 18:08 WIB
Shin Tae Yong Soroti Kelemahan Pertahanan Timnas U-19 Shin Tae Yong soroti kelemahan pertahanan Timnas Indonesia U-19 usai dibantai Busan IPark 1-5. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong, menyoroti pertahanan Amiruddin Bagas Kaffa dkk usai dibantai klub Liga Korea Selatan Busan IPark 1-5 pada laga uji coba di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand, Senin (27/1).

Busan IPark merupakan tim promosi K League 2020. Dalam uji coba yang berlangsung 3x30 menit, satu-satunya gol Indonesia tercipta melalui gol bunuh diri pemain Busan IPark.

"Hari ini ada gol, meski bunuh diri lawan, tapi skema sampai terjadi hal seperti itu, sesuatu yang harus sangat diapresiasi."


"Saya tidak membicarakan hasil di sini, namun melihat permainan mereka, sudah ada peningkatan. Kami harus memperbaiki pertahanan dan juga taktik," kata Tae Yong dilansir situs resmi PSSI.

Seleksi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti beberapa waktu lalu. (Seleksi Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti beberapa waktu lalu. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Tae Yong melanjutkan, kekalahan yang dialami Timnas Indonesia U-19 di tiga laga uji coba adalah hal yang wajar. Sebab, selama menjalani pemusatan latihan di Thailand, Tae Yong belum memberikan pelajaran soal taktik.

Di sisi lain, Tae Yong juga memuji kondisi fisik pemain yang sudah sanggup bermain full di 80 menit pertandingan.

"Untuk itu, saya sangat terima kasih kepada para pemain atas usahanya hari ini. Lawan bermain sungguh-sungguh, mereka menurunkan tim terbaiknya, tanpa meremehkan kami."

"Jadi dengan begini, saya jadi tahu apa yang harus terus diperbaiki dan apa yang bisa terus ditingkatkan," ungkap pelatih asal Korea Selatan.

Dibantai Klub Korea, Tae Yong Soroti Pertahanan Timnas U-19
Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 sudah lebih dulu mengalami dua kekalahan di laga uji coba. Pertama, kekalahan 0-2 dari Kyung Hee University pada Jumat (24/1), kemudian kekalahan 0-4 dari Seongnam FC, Sabtu (25/1).

Meski kalah dari tiga laga uji coba, Tae Yong menyebut ada kemajuan yang ditunjukkan sejauh ini, terutama soal fisik. Ia menyebut masih ada waktu untuk memperbaiki tim supaya hasil akhirnya bisa dilihat ke depannya.

Timnas Indonesia U-19 masih akan menjalani pemusatan latihan di Chiang Mei Thailand sampai 1 Februari mendatang. Selain itu, masih ada sisa tiga laga uji coba yang akan dimainkan sampai akhir masa TC. (TTF/jun)