Deretan Comeback Sensasional MU Jelang Lawan Man City

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 20:17 WIB
Deretan Comeback Sensasional MU Jelang Lawan Man City Manchester United pernah beberapa kali membuat comeback dramatis. AP Photo/Jon Super
Jakarta, CNN Indonesia -- Manchester United terkenal sebagai klub yang memiliki reputasi bagus dalam comeback atau bangkit dari kekalahan guna membalikkan kedudukan jelang semifinal kedua Piala Liga Inggris melawan Manchester City di Etihad, Kamis (30/1) dini hari WIB.

Di semifinal pertama MU kalah 1-3 di Old Trafford. Untuk bisa berada di final, Setan Merah setidaknya membutuhkan kemenangan dengan margin tiga gol atau memaksa ke adu penalti.

Man City sendiri tetap tidak boleh menganggap remeh tim tamu dalam pertandingan nanti. Meski tidak diunggulkan, MU bisa memberikan kejutan kepada The Citizens lewat comeback.


Berikut lima comeback sensasional MU di laga-laga krusial:

1. Final Liga Champions

Di final Liga Champions 1998/1999, MU tertinggal 0-1 oleh Bayern Munchen lewat gol Mario Basler pada menit keenam di Camp Nou. Munchen tampak akan memenangi laga dengan skor 1-0 jelang pertandingan berakhir.

Deretan Comeback Sensasional MU Jelang Lawan Man CityManchester United kalah dari Manchester City di leg pertama semifinal Piala Liga Inggris. (AP Photo/Jon Super)
Tetapi, sepak pojok di masa injury time babak kedua membuyarkan mimpi raksasa Liga Jerman itu. Dua gol MU di masa injury time lewat Teddy Sheringham (90+1') dan Ole Gunnar Solskjaer (90+3') membuat MU menang 2-1.

2. Kemenangan atas Tottenham

Juara bertahan MU terlihat akan menelan kekalahan dari Tottenham Hotspur pada laga pekan keenam di White Hart Lane. Sampai dengan babak pertama usai, Tottenham unggul 3-0 lewat Dean Richards, Les Ferdinand, dan Christian Ziege.

Tetapi semuanya berubah di babak kedua. Sejak awal babak kedua MU bisa membalas gol melalui Andy Cole, Laurent Blanc, Ruud van Nistelrooy, Juan Veron, hingga David Beckham sebagai penutup guna memberikan kemenangan 5-3 untuk Setan Merah.

3. MU Permalukan Everton

Menjelang berakhirnya musim 2006/2007 MU mempermalukan Everton di Goodison Park 4-2, April 2007. Tuan rumah unggul 2-0 hingga menit ke-51 lewat gol Alan Stubbs dan Manuel Fernandes.

[Gambas:Video CNN]

MU mulai bereaksi 10 menit kemudian dengan gol John O'Shea. Setelah itu The Red Devils menyamakan kedudukan lewat gol bunuh diri Philip Neville. Gol Wayne Rooney dan Chris Eagles membuat MU menang di markas lawan.

4. Rooney Bintang MU

Wayne Rooney menjadi bintang kemenangan dari comeback 4-2 MU atas West Ham United di musim 2010/2011 di Liga Inggris. Dua gol penalti Mark Noble membawa West Ham unggul 2-0 hingga menit ke-60.

Deretan Comeback Sensasional MU Jelang Lawan Man City
MU yang menguasai permainan ketika itu tampak sulit membobol gawang West Ham. Tetapi, semuanya berubah setelah gol Rooney di menit ke-65. Rooney pun sukses mencetak hattrick dalam laga tersebut. Gol Javier Hernandez di menit ke-84 membuat MU menang 4-2.

5. MU Kalahkan PSG di Paris

Pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2018/2019, MU kalah 0-2 dari Paris Saint-Germain di Old Trafford. Peluang MU ke perempat final tampak sangat kecil mengingat Setan Merah tengah terpuruk di musim itu.

Keajaiban akhirnya milik MU yang sukses menang 3-1 di Paris. Agregat kedua tim 3-3, namun MU berhak lolos ke perempat final karena unggul gol tandang. (sry/jal)