Castillion Striker Jebolan Ajax yang Mengadu Nasib di Persib

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 16:08 WIB
Castillion Striker Jebolan Ajax yang Mengadu Nasib di Persib Ilustrasi para pemain Persib di laga pemanasan jelang Liga 1 2020. (ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman/pd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Geoffrey Castillion mulai bergabung bersama klub Liga 1 Persib Bandung sejak Selasa (28/1). Castillion yang merupakan mantan striker Ajax Amsterdam itu mencoba mengadu nasib ke Persib.

Castillion merupakan pemain jebolan akademi Ajax. Karier akademinya di klub Eredivisie Belanda tersebut digeluti selama lima tahun sejak 2005.

Pemain kelahiran Amsterdam itu baru menjalani debut di tim utama Ajax pada 20 Maret 2011 setelah tampil impresif di tim cadangan klub tersebut. Pada laga perdananya itu, Ajax kalah 2-3 dari ADO Den Haag di Eredivisie Belanda.


Namun, karier Castillion di Ajax tak bertahan lama. Debut tersebut bahkan bisa dibilang sekaligus yang terakhir baginya.

Joel Vinicius (kanan) dicoret dari seleksi Persib. (Joel Vinicius (kanan) dicoret dari seleksi Persib. (CNNIndonesia/hyg)
Castillion hanya sekali tampil di Ajax. Itu pun cuma 28 menit. Pada Agustus 2011, dia hengkang ke Waalwijk dengan status pinjaman.

Kariernya di Liga Belanda tampak tak berjalan bagus. Castillion kemudian berkarier ke Liga Amerika Serikat (MLS), New England Revolution, pada 2014.

Dia hanya bertahan semusim di sana dan pindah lagi ke Liga Rumania membela klub Universtitatae Cluj. Setelah dari Rumania, dia bergabung bersama klub Hungaria, Debrecen.

Castillion Striker Jebolan Ajax Mengadu Nasib di Persib
Dari Hungaria, Castillion hijrah ke Islandia memperkuat sejumlah klub. Dia mengaku antusias untuk merumput untuk kali pertama di Indonesia.

"Ya, ini pengalaman pertama saya datang ke Indonesia dalam hal sepakbola. Tentunya ini sangat berbeda dengan Eropa."

"Saya pernah bermain di luar Eropa, di MLS Bersama New England. Tapi, Indonesia dan Asia pasti berbeda," ujar Castillion dikutip dari situs resmi Persib.

Persib masih terus mencari sosok ideal pengganti Ezechiel Ndouassel yang memilih hengkang ke Bhayangkara FC untuk Liga 1 2020. Saat ini pelatih Maung Bandung, Robert Rene Alberts, akan terus memantau perkembangan Castillion. (bac/jun)