Tiga Formasi MU jika Bruno Fernandes Datang

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 19:32 WIB
Tiga Formasi MU jika Bruno Fernandes Datang Bruno Fernandes akan membuat lini tengah Manchester United lebih kuat. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer bisa memainkan tiga formasi berbeda jika kapten Sporting Lisbon, Bruno Fernandes telah resmi direkrut.

Fernandes dilaporkan selangkah lagi bergabung dengan MU. Manajemen MU dan Sporting dikabarkan sudah mencapai kata sepakat terkait harga sang pemain.

The Red Devils disebut harus mengeluarkan dana 55 juta euro plus 25 juta euro untuk bonus. Dana 80 juta euro itu dikeluarkan untuk mendapatkan tanda tangan Fernandes.


Jika transfer Fernandes ke MU terwujud maka ini jadi kabar baik buat Solskjaer. Pelatih asal Norwegia itu setidaknya bisa memakai tiga formasi berbeda untuk memaksimalkan peran Fernandes di lini tengah.

Tiga Formasi MU jika Bruno Fernandes DatangBruno Fernandes bisa bermain di beberapa posisi di lini tengah. (AP Photo/Francisco Seco)
1. 4-3-3

Kedatangan Fernandes bisa membuat MU bermain lebih menyerang. Jika Paul Pogba sudah fit, Fernandes dan gelandang asal Prancis itu bisa fokus membantu serangan.

Pogba dan Fernandes akan lebih fokus menopang trio lini depan The Red Devils. Sementara peran gelandang bertahan akan ditempati pemain asal Skotlandia, Scott McTominay.

[Gambas:Video CNN]
McTominay akan bertugas untuk jadi pemain pertama yang menghalau serangan lawan sebelum menghadapi empat pemain belakang.

2. 4-2-3-1

Dalam formasi ini Fernandes akan murni bermain sebagai gelandang serang. Gelandang asal Portugal itu akan ditemani Daniel James dan Marcus Rashford yang lebih berperan sebagai winger atau penyerang sayap.

Tiga Formasi MU jika Bruno Fernandes DatangFoto: CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi
Posisi sebagai gelandang serang membuat Fernandes dituntut kreatif untuk menyuplai umpan kepada Anthony Martial sebagai targetman. Fernandes sendiri termasuk pemain kreatif di Sporting dengan torehan 52 assist dan mencetak 63 gol dari 137 laga.

3. 4-4-2

Fernandes akan tetap berperan sebagai gelandang serang di formasi ini. Bedanya gelandang timnas Portugal itu akan ditemani tiga pemain tengah yang biasa berperan sebagai gelandang tengah.

Fred bisa ditemani Pogba, Fred, dan McTominay. Pogba dan Fred bertugas menjaga keseimbangan lini tengah sementara McTominay bertugas sebagai gelandang bertahan.

Sebagai gelandang serang Fernandes harus memastikan dua pemain di lini depan, Marcus Rashford dan Martial dapat suplai bola-bola matang untuk mencetak gol. (jal/jun)