Hasil Piala AFC: Dua Pemain Diusir Wasit, PSM Tekuk Lalenok

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 17:35 WIB
Hasil Piala AFC: Dua Pemain Diusir Wasit, PSM Tekuk Lalenok PSM Makassar lolos ke fase grup Piala AFC 2020. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSM Makassar mengalahkan Lalenok United dengan skor 3-1 (agregat 7-2) dalam laga yang diwarnai dua kartu merah pada babak play off Piala AFC di Stadion Pakanasari, Cibinong, Bogor, Rabu (29/1).

PSM hanya butuh lima menit untuk membobol gawang Lalenok di laga ini. Umpan matang Willem Jan Pluim tidak disia-siakan penyerang asing anyar, Giancarlo Lopes.

PSM tetap bermain menekan setelah gol yang dicetak Lopes. Beberapa peluang tercipta hingga akhirnya tim Juku Eja bisa memperbesar skor jadi 2-0 di pertengahan babak pertama.


Pluim kembali jadi aktor untuk gol kedua PSM yang dicetak Ferdinand Sinaga. Gelandang serang asal Belanda itu mengirimkan umpan yang diselesaikan Ferdinand melalui sundulan.

Tiga menit setelah unggul 2-0, PSM malah kehilangan Pluim. Ia diusir wasit usai menerima dua kartu kuning sekaligus karena melakukan protes berlebihan.

[Gambas:Video CNN]

Di babak kedua, petaka bagi PSM berlanjut. Skuat asuhan Bojan Hodak harus bermain dengan sembilan pemain karena Muhammad Arfan diusir oleh wasit pada menit ke-58 karena melanggar pemain Lalenok.

Bermain dengan sembilan orang, gawang PSM akhirnya berhasil dibobol oleh Lalenok. Gol tim tamu dijaringkan Francisco Da Costa yang membobol gawang Miswar Saputra.

Hasil Piala AFC: Dua Pemain Diusir Wasit, PSM Tekuk Lalenok
Gol Da Costa melecut semangat para pemain Lalenok untuk kembali mencetak gol. Namun upaya itu tidak membuahkan hasil meski PSM sudah bermain dengan sembilan orang.

Enam menit jelang babak kedua usai, PSM malah bisa memperbesar keunggulan. Umpan dari Zulkifli Syukur disambar Irsyad Maulana untuk membuat skor jadi 3-1 yang bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat PSM melangkah ke fase grup dengan agregat meyakinkan 7-2 atas Lalenok. Irsyad dan kawan-kawan juga mengikuti jejak Bali United yang sudah lebih dulu memastikan tampil di fase grup Piala AFC 2020.

Susunan pemain

PSM Makassar: Miswar Saputra, Zulkifli Syukur, Hussein Eldor, Ahmad Agung, Leo Guntara; Rizky Pellu, M. Arfan, Willem Jan Pluim; Ferdinand Sinaga, Giancarlo Lopes, Irsyad Maulana.

Lalenok United: Celestino da Costa, Francisco da Costa, Gaspar da Silva, Francisco savio, Yohanes Paulos, Armindo Almeida, Fabio Christian, Rufinho Gama, Paulo Gali, Elias Mesquita, Daniel Adade. (jal/bac)