Nadal Gagal Lolos ke Semifinal Australia Open 2020

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 21:04 WIB
Nadal Gagal Lolos ke Semifinal Australia Open 2020 Rafael Nadal gagal melangkah ke semifinal Australia Open 2020. (AP Photo/Sarah Stier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal harus menerima kenyataan gagal lolos ke babak semifinal Australia Open 2020.

Langkah Nadal terhenti di perempat final usai takluk dari petenis Austria, Dominic Thiem di Rod Laver Arena, Rabu (29/1). Nadal kalah lewat permainan empat set 6-7 (3-7), 6-7 (4-7), 6-5, 6-7 (6-8).

Nadal sebenarnya berpeluang besar memaksakan pertandingan berlanjut ke set kelima ketika unggul dalam tie break dengan 5-4 di set keempat. Namun, Thiem bisa membalikkan keadaan dan menang 8-6.


Sebelum pertandingan dramatis di set keempat, Thiem memenangi set pertama dan kedua juga lewat tie break. Sedangkan Nadal hanya bisa merebut satu set saat menang 6-5 di set ketiga.

Kekalahan dari Thiem membuat Nadal gagal mengikuti jejak, Novak Djokovic dan Roger Federer yang berhasil lolos ke semifinal Australia Open 2020. Hasil ini juga menodai rekor bagus Nadal yang selalu menang atas Thiem selama enam tahun terakhir.

Di sisi lain, keberhasilan menyingkirkan Nadal membuat Thiem turut mengukir rekor. Ia jadi petenis Austria kedua yang bisa melangkah hingga semifinal mengikuti jejak Thomas Muster yang dua kali melakukannya tahun 1989 dan 1997.

Nadal Gagal Lolos ke Semifinal Australia Open 2020
"Jelas sangat sulit untuk ditangani jika Anda harus bermain lima set lawan Rafa. Pertandingan bisa dibilang mulai berlangsung dari awal," ujar Thiem."

"Itulah tenis. Anda harus beradaptasi dengan situasi semacam ini, hampir di setiap gim. Jadi saya sangat senang bisa menang tie break."

Di semifinal, Thiem akan menghadapi petenis Jerman, Alexander Zverev. Petenis unggulan ketujuh itu menyingkirkan Stanislas Wawrinka lewat permainan empat set dengan 1-6, 6-3, 6-4, 6-2.

Sementara di babak semifinal lain, duel dua petenis top dunia akan terjadi saat Djokovic menghadapi Federer.

[Gambas:Video CNN]

(jal/jun)


BACA JUGA