Petronas Yamaha Tak Tertarik dengan Valentino Rossi

CNN Indonesia | Sabtu, 01/02/2020 11:34 WIB
CEO Petronas Yamaha Razlan Razali mengaku tidak memiliki rencana untuk menggunakan jasa Valentino Rossi di MotoGP 2021. Valentino Rossi dipastikan tidak memperkuat tim pabrikan Yamaha pada MotoGP 2021. (TOSHIFUMI KITAMURA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Petronas Yamaha Razlan Razali mengaku tidak memiliki rencana untuk menggunakan jasa Valentino Rossi di MotoGP 2021. Petronas Yamaha enggan menjemput bola merekrut Rossi.

Posisi Rossi di MotoGP 2021 menjadi tanda tanya setelah didepak dari tim pabrikan Yamaha usai musim 2020. Posisi The Doctor digantikan pebalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo.

Yamaha sudah menyatakan akan memberi Rossi motor pabrikan jika memutuskan tetap tampil di MotoGP 2021, dan bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha menjadi opsi terbaik bagi pebalap asal Italia itu.


Namun, Razlan mengatakan hingga kini merekrut Rossi tidak ada dalam rencana Petronas Yamaha. Tim satelit terbaik di MotoGP 2019 tidak tertarik merekrut Rossi.

Valentino Rossi didepak Yamaha dan digantikan Fabio Quartararo.Valentino Rossi didepak Yamaha dan digantikan Fabio Quartararo. (PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)
"Diskusi yang ada justru terjadi di tim pabrikan Yamaha, apakah kami terbuka untuk Rossi bergabung. Kami tidak pernah memikirkan dan tidak akan memikirkannya hingga Rossi menemui kami dan menyatakan niatnya," ujar Razlan kepada CNNIndonesia.com.

"Apakah kami terbuka untuk Rossi bergabung? Kami harus membicarakannya dengan sejumlah pihak, termasuk sponsor kami Petronas. Saat ini, sampai ada pendekatan, baru kami akan memikirkannya," ucap Razlan.

Valentino Rossi Tak Bikin Petronas Yamaha Tertarik
Razlan kemudian menyatakan senang Quartararo dipastikan bergabung dengan tim pabrikan Yamaha mulai MotoGP 2021. Razlan mengatakan mengantarkan Quartararo ke tim pabrikan adalah misi Petronas Yamaha.

"Bagi kami, ini adalah proses alami bagi pebalap seperti Quartararo untuk naik ke tim pabrikan. Sebagai tim satelit kami berusaha membantu dan memastikan Quartararo tetap di Yamaha, terutama di tim pabrikan," ujar Razlan.

[Gambas:Video CNN]
"Saya senang pengumuman [Quartararo ke Yamaha] telah dibuat, dengan begitu Quartararo bisa fokus 200 persen ke MotoGP 2020 tanpa ada gangguan ke mana dia akan pergi di MotoGP 2021," sambung Razlan.

Quartararo akan berduet dengan Maverick Vinales di tim Monster Energy Yamaha pada MotoGP 2021 dan 2022. Selain itu Yamaha juga sudah memastikan Jorge Lorenzo akan bergabung menjadi pebalap tes Yamaha di MotoGP 2020. (har/ptr)