Bersama Liverpool, Klopp di Pintu Sejarah Liga Inggris

CNN Indonesia | Senin, 03/02/2020 09:36 WIB
Bersama Liverpool, Klopp di Pintu Sejarah Liga Inggris Jurgen Klopp bisa mencatat sejarah di Liga Inggris. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool Jurgen Klopp akan mencatatkan sejarah jika memenangi Liga Inggris musim 2019/2020 bersama The Reds.

Liverpool berada di jalur juara Premier League untuk kali pertama di musim ini. Itu berarti, pelatih Jurgen Klopp bisa mencatatkan namanya ke dalam sejarah level elite sepak bola di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Dengan Liverpool juara, maka Klopp akan jadi pelatih asal Jerman pertama yang memenangi Liga Inggris.


Sampai dengan saat ini, baru ada 10 pelatih dari tujuh negara berbeda yang memenangi Liga Inggris di era Premier League.

Ke-10 pelatih tersebut adalah: Sir Alex Ferguson (Skotlandia), Kenny Dalglish (Skotlandia), Arsene Wenger (Prancis), Jose Mourinho (Portugal), Carlo Ancelotti (Italia), Roberto mancini (Italia), Manuel Pellegrini (Chile), Claudio Ranieri (Italia), Antonio Conte (Italia), dan Pep Guardiola (Spanyol).

Liverpool tengah di jalur juara Liga Inggris musim ini.Liverpool dan Klopp tengah di jalur juara Liga Inggris musim ini. (AP Photo/Jon Super)
Melihat daftar di atas, Alex Ferguson paling banyak mengoleksi gelar juara Liga Inggris dengan 13 titel, disusul Wenger dan Mourinho (3 gelar), Guardiola (2 gelar), dan Dalglish, Ancelotti, Mancini, Ranieri, serta Conte masing-masing 1 gelar.

[Gambas:Video CNN]

Klopp tiba di Liverpool pada Oktober 2015. Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut memberikan progres untuk Liverpool di Liga Inggris.

Usai menempati peringkat keempat klasemen di musim pertama dan keduanya, Klopp nyari membawa Liverpool juara di musim lalu.

Klopp di Pintu Sejarah Liga Inggris
Peluang juara itu kian terbuka bagi Klopp dan Liverpool setelah berjarak 22 poin dengan Man City sebagai rival terdekat.

The Reds diprediksi akan juara jika meraih enam kemenangan beruntun. Liverpool bisa juara lebih cepat apabila Man City kembali kalah dalam enam laga ke depan. (sry/sry)