Formula E China Dibatalkan karena Virus Corona

CNN Indonesia | Senin, 03/02/2020 11:03 WIB
Formula E China Dibatalkan karena Virus Corona Ilustrasi Formula E. (Mike Stobe/Getty Images for Kaspersky/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kejuaraan Formula E China 2020 yang rencananya digelar di Sirkuit Haitang Bay pada 21 Maret mendatang dibatalkan karena virus corona.

Kesehatan menjadi alasan utama bagi penyelenggara dalam membatalkan Formula E di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Salah satu faktor yang mendasari Formula E membuat keputusan krusial itu adalah pernyataan badan kesehatan dunia, WHO, yang menyebut wabah virus corona sebagai keadaaan darurat internasional.


"Mengingat masalah kesehatan yang berkembang saat ini dan Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan virus corona sebagai keadaan darurat internasional, Formula E mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keselamatan staf, peserta kejuaraan serta penonton sebagai hal yang sangat penting," demikian pernyataan pihak Formula E dikutip dari CNN International.

Virus corona telah menewaskan lebih dari 300 orang di China.Virus corona telah menewaskan lebih dari 300 orang di China. (Hector RETAMAL / AFP)
Formula E China merupakan seri keenam di musim 2019/2020 setelah Arab Saudi, Chile, Meksiko, dan Maroko.

Dikutip dari Xinhua, pihak Formula E belum memberikan keterangan apakah seri China akan dijadwal ulang atau tetap dibatalkan untuk musim ini.

[Gambas:Video CNN]

"[Kami] mempelajari kelayakan tanggal alternatif yang potensial jika situasinya membaik," ucap Formula E.

Virus corona yang seperti flu telah menewaskan lebih dari 300 orang dan menginfeksi lebih dari 14 ribu orang di China sejak kali pertama muncul di Wuhan pada Desember 2019.

Formula E China Dibatalkan karena Virus Corona
Guna mengendalikan penyebaran virus dan meminimalkan risiko infeksi, banyak kegiatan olahraga di China yang dipindahkan, ditunda atau dibatalkan langsung.

Sementara itu, Indonesia juga ambil bagian dalam kejuaraan Formula E di musim ini. Rencananya, Formula E Indonesia akan digelar di Jakarta pada 6 Juni mendatang. (sry/sry)