Neil Critchley, Pelatih Dadakan Liverpool Pengganti Klopp

CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 11:11 WIB
Liverpool akan dilatih Neil Critchley pada laga replay putaran keempat Piala FA melawan Shrewsbury Town, Rabu (6/2) dini hari WIB. Liverpool terakhir dilatih Neil Critchley saat melawan Aston Villa di Piala Liga. (AP Photo/Rui Vieira)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool akan dilatih Neil Critchley pada laga replay putaran keempat Piala FA melawan Shrewsbury Town di Stadion Anfield, Rabu (6/2) dini hari WIB. Berikut profil Critchley yang menjadi pelatih dadakan Liverpool.

Jurgen Klopp menolak menurunkan pemain dari skuat utama untuk melawan Shrewsbury di laga replay. Pelatih asal Jerman itu ingin skuat Liverpool tetap menjalani jadwal libur musim dingin selama satu pekan.

Tugas melatih di laga Liverpool vs Shrewsbury diberikan Klopp kepada Critchley. Ini adalah kali kedua Critchley memimpin pertandingan Liverpool setelah saat melawan Aston Villa pada laga Piala Liga, 17 Desember 2019.


Ketika itu skuat utama Liverpool tidak bisa bermain di Piala Liga karena tampil di Piala Dunia Antarklub 2019. The Reds pun kalah 0-5 dari Aston Villa dengan Critchley menggunakan pemain dari Liverpool U-23 dan di bawahnya.


Dikutip dari situs resmi Liverpool, Critchley bergabung dengan klub Merseyside itu pada September 2013 dengan menjabat pelatih kepala U-18. Sebelumnya Critchley berstatus direktur akademi Crewe Alexandra sejak 2007.

Liverpool kemudian mempromosikan Critchley ke posisi pelatih kepala U-23 pada musim 2017/2018. Pelatih 41 tahun itu juga berstatus sebagai pelatih pengembangan profesional senior Liverpool.

Neil Critchley, Pelatih Dadakan Liverpool Pengganti Klopp
Sebagai pemain Critchley punya karier yang cukup pendek, yakni sepanjang 1999 hingga 2001. Setelah satu musim memperkuat Crewe Alexandra pada 1999, Critchley kemudian tampil bersama Leigh RMI pada musim 2000/2001.

Liverpool akan mengandalkan sejumlah pemain reserve untuk melawan Shrewsbury, terutama pemain di bawah 19 dan 20 tahun. Nama-nama seperti Neco Williams, Curtis Jones, dan Harvey Elliott diprediksi akan menjadi starter.

Pada pertandingan pertama yang berlangsung di Stadion New Meadow, 26 Januari lalu, Liverpool ditahan imbang 2-2 dan harus melalui laga replay. (har/sry)