Dua Opsi Sirkuit Formula E Jakarta Melibatkan Monas

CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 12:24 WIB
Dua Opsi Sirkuit Formula E Jakarta Melibatkan Monas Kawasan Monas yang direncanakan jadi sirkuit Formula E Jakarta. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya ada dua opsi calon sirkuit untuk gelaran Formula E Jakarta 2020 tetap melibatkan area Monumen Nasional (Monas) sebagai venue.

Pilihan pertama maupun kedua tetap menjadikan silang Monas sebagai start dari jalur sirkuit Formula E di Jakarta tersebut.

Rencana pembangunan sirkuit tersebut juga memasukkan area dalam Monas berdasarkan rapat antara PT Jakarta Propertindo (JakPro) dengan Komisi D DPRD RI.


Pilihan pertama adalah sirkuit dimulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan menuju patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda. Jalur trek kemudian masuk ke kawasan Monas dari gerbang silang barat daya Monas yang merupakan persimpangan antara Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Revitalisasi taman Monas. (Revitalisasi taman Monas. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Trek menuju ke Tugu Monas lalu berbelok menuju gerbang di belakang Stasiun Gambir dam kembali ke Jalan Medan Merdeka Selatan.

Alternatif lainnya juga masih melibatkan Silang Monas sebagai bagian dari sirkuit Formula E Jakarta.

Rute dimulai dari Silang Monas Tenggara Monas, Jl Silang Merdeka Tenggara, Jl Medan Merdeka Timur, Jl Ridwan Rais - Jl Medan Merdeka Selatan, Silang Merdeka Barat Daya Monas, dan pelataran Merdeka Monas.

Gaduh gelaran Formula E Jakarta kembali mencuat setelah pihak Sekretariat Negara melarang ajang itu di area Monas.

Dua Opsi Sirkuit Formula E Jakarta Melibatkan Monas
Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Sesmensetneg) Setya Utama menyatakan larangan gelaran Formula E Jakarta hanya di dalam are Monas. Setya menjelaskan keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan cagar budaya di kawasan Monas. Selain itu ada kegiatan pengaspalan yang membuat gelaran Formula E tak memungkinkan digelar di kawasan tersebut. (bac/sry)