K-Pop Pengaruhi Shin Tae Yong Latih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 17:51 WIB
K-Pop Pengaruhi Shin Tae Yong Latih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengaku terpengaruh K-Pop. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong menilai K-Pop memengaruhi perjalanan karier hingga kini menjadi juru latih Tim Merah Putih.

Tae Yong tidak memungkiri popularitas K-Pop. Menurut mantan pelatih timnas Korea Selatan itu, musik populer asal negeri ginseng itu memiliki peranan tidak langsung dalam pekerjaan yang saat ini ia lakoni.

"Saya tidak memiliki ketertarikan pada sepak bola Asia Tenggara sebelumnya. Sejauh ini kami melihat ke atas. Pada titik tertentu, saya kemudian tertarik dengan sepak bola Asia Tenggara. Faktanya, sepak bola Korea di atas Asia Tenggara," jelas Tae Yong.


"Orang Indonesia begitu suka melihat Korea. Ini adalah kekuatan K-Pop. Saya ingin berkontribusi di bagian K-Sports," sambungnya.
Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Thailand.Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Thailand. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/ama)

Setelah diangkat menjadi pelatih Skuat Garuda, Tae Yong telah menjalani tugas pertama dengan melatih Timnas Indonesia U-19 di Thailand.

Dalam waktu dekat Tae Yong akan memimpin latihan Timnas Indonesia senior sebagai persiapan menghadapi sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

[Gambas:Video CNN]
Menangani tim senior dan tim junior tidak mengacaukan fokus Tae Yong untuk membantu Timnas Indonesia mencapai level teratas sepak bola dunia.

"Impian saya Timnas Indonesia bisa ke putaran final Piala Dunia. Untuk itu saya ingin melatih pemain-pemain ini [Timnas Indonesia U-19] dengan baik, dengan demikian saya bisa membawa mereka ke putaran final Olimpiade Prancis."

"Saya berharap saya bisa mengubah sesuatu menjadi emas, tetapi saya tidak bisa seperti itu. Tidak ada yang tahu soal masa depan," ujar Tae Yong dikutip dari SportalKorea. (ptr)