Jon Jones Lebih Unggul dari Khabib di UFC

CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 14:36 WIB
Jon Jones masih tercatat sebagai petarung pound for pound nomor satu UFC mengungguli juara kelas ringan, Khabib Nurmagomedov. Jon Jones menjadi pemenang dalam laga UFC 247. (Ronald Martinez/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemenangan atas Dominick Reyes dalam UFC 247 kian mengukuhkan Jon Jones sebagai petarung pound for pound nomor satu UFC mengungguli Khabib Nurmagomedov.

Selain mempertahankan gelar light heavyweight UFC, Jones pun makin mantap sebagai petarung terbaik dalam daftar peringkat pound for pound.

Dalam kategori ini petarung tidak dibatasi dalam kelas sesuai berat masing-masing, namun lebih kepada penilaian subjektif yang terdiri dari komponen dominasi petarung di kelasnya masing-masing, kemampuan individu, potensi, aktivitas, dan prediksi jika bertarung di kelas yang lebih kompetitif.


Sebelum berhadapan dengan Reyes, Jones memang sudah menduduki peringkat teratas pound for pound UFC. Sementara Khabib berada di posisi kedua, diikuti Henry Cejudo yang merupakan pemegang sabuk kelas terbang dan kelas bantam.

Peringkat Jon Jones Masih di Atas KhabibBaku pukul Dominick Reyes (kiri) dan Jon Jones (kanan) dalam UFC 247. (Ronald Martinez/Getty Images/AFP)
Jones memang memiliki catatan pertarungan yang cukup baik di ajang UFC. Sejak debut di UFC pada 2008, petarung asal Amerika Serikat itu mencatatkan 20 kemenangan, sekali kalah, dan sekali no contest.

Lima kemenangan KO, lima kemenangan dengan kuncian, dan 10 kali menang angka adalah rincian daftar kesuksesan Jones di octagon.

[Gambas:Video CNN]
Jones sudah memegang sabuk light heavyweight sejak 2011 setelah mengalahkan Mauricio Rua. Petarung 32 tahun itu tercatat delapan kali mempertahankan gelar sebelum dihukum dengan pencopotan gelar pada 2015 karena melanggar aturan kode etik atlet UFC.

Pada 2016 dan 2017, Jones berupaya meraih gelar juara light heavyweight. Kendati menang atas Ovince Saint Preux (2016) dan Daniel Cormier (2017), sabuk juara Jones dicopot karena diketahui menggunakan zat terlarang.

Peringkat Jon Jones Masih di Atas Khabib

Jones baru benar-benar meraih kembali gelar light heavyweight pada 2018 setelah membuat KO Alexander Gustafsson.

Dalam tiga laga selanjutnya, Jones berhasil meraih kemenangan atas Anthony Smith, Thiago Santos, dan Reyes untuk mempertahankan gelar. (nva/jun)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK