Menpora: Panpel Formula E Jakarta Harus Ikuti Arahan Setneg

CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 23:30 WIB
Menpora: Panpel Formula E Jakarta Harus Ikuti Arahan Setneg Ajang Formula E Jakarta bakal digelar di Monas setelah mendapat izin dari Setneg. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan agar Panitia Penyelenggara (Panpel) Formula E Jakarta 2020 selalu mengikuti arahan Sekretariat Negara (Setneg) terkait venue di Monas.

Zainudin menghargai keputusan Setneg yang mengizinkan area Monas digunakan untuk sirkuit Formula E Jakarta 2020.

Setneg akhirnya memberikan izin kepada Panpel Formula E Jakarta 2020 untuk menggunakan area Monas sebagai sirkuit. Setneg sempat tidak memberi izin karena dianggap berpotensi bisa merusak cagar budaya yang ada di area tersebut.


"Pada intinya, kami, Kemenpora mendukung kelancaran gelaran Formula E di Jakarta. Apa arahan dari Setneg itu yang harus dipatuhi," kata Menpora Zainudin kepada CNNIndonesia.com.

Menpora RI Zainudin Amali mengingatkan Panpel Formula E agar selalu mengikuti arahan Setneg. (Menpora RI Zainudin Amali mengingatkan Panpel Formula E agar selalu mengikuti arahan Setneg. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Meski mendapatkan izin, Menpora meminta kepada pihak penyelenggara maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memperhatikan aspek keamanan dan keberadaan beberapa bangunan penting yang ada di sekitar Monas.

Bukan hanya menyoal bangunan cagar budaya yang terdapat di area Monas. Bangunan penting kenegaraan yang ada di sekitar sirkuit tempat balapan digelar juga harus diperhatikan.

Di sekitar area Monas memang terdapat banyak bangunan penting kenegaraan. Mulai dari Istana Negara, kantor kementerian dan beberapa bangunan penting lainnya.

"Sebab itu, Panpel nantinya harus benar-benar serius dalam hal keamanan karena banyak gedung penting di sekitar Monas. Selain itu kan juga fasilitas umum selain juga Monas itu kan cagar budaya," jelas Menpora.

Menpora Minta Panpel Formula E Jakarta Patuhi Arahan Setneg
Menteri yang juga politikus Partai Golkar itu berharap semua pihak terkait bisa berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik demi kelancaran ajang balap mobil listrik terbesar di dunia tersebut.

"Saya tidak perlu didatangi [Panpel Formula E]. Selama pekerjaan mereka lancar, tidak ada kendala, kami sudah senang. Posisi kami hanya memberi rekomendasi. Terpenting semuanya lancar karena ini juga bawa nama baik negara," ungkap Zainudin. (TTF/bac)