Legenda Brasil Pele Alami Depresi karena Tak Bisa Jalan

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 19:54 WIB
Legenda Brasil Pele Alami Depresi karena Tak Bisa Jalan Pele kini sulit berjalan tanpa bantuan alat. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Brasil, Pele disebut mengalami depresi karena tak mampu berjalan tanpa bantuan alat. Pele pun enggan keluar rumah.

Anak Pele bernama Edinho mengatakan sang ayah enggan keluar rumah karena masih belum pulih akibat operasi pinggul.

"Dia cukup rapuh. Dia menjalani operasi pinggul namun tidak mendapat pengobatan yang ideal dan memadai. Jadi dia mengalami masalah dalam bergerak, hal itu yang menyebabkan depresi," ucap Edinho kepada Globo Esporte dikutip dari CNN.


Edinho menganggap nama besar yang pernah diukir Pele membuat ia sulit menerima kenyataan yang dialami saat ini.

[Gambas:Video CNN]

"Bayangkan, dia adalah raja, dia selalu jadi sosok yang berpengaruh. Namun hari ini dia tak bisa berjalan," tutur Edinho.

Edinho menyebut Pele saat ini tidak bisa berjalan tanpa bantuan kursi roda atau tongkat penyangga. Terakhir kali tampil di depan publik, Pele menggunakan kursi roda.
Legenda Brasil Pele Alami Depresi Karena Tak Bisa Jalan
"Dia malu, dia tidak mau keluar rumah, terlihat banyak orang, atau melakukan hal apapun yang mengharuskannya keluar rumah. Ia mengucilkan diri."

"Dia tak bisa berjalan normal (tanpa bantuan alat). Memang ada sedikit peningkatan dibandingkan sebelumnya, namun dia masih kesulitan berjalan," ujar Edinho.

Pele sering disebut sebagai pemain terbaik dalam sejarah sepak bola. Keberhasilan Pele membawa Brasil tiga kali juara Piala Dunia adalah prestasi yang belum mampu ditandingi oleh pemain-pemain lainnya. (ptr/sry)