Honda Yakin Lorenzo Tak Bocorkan Rahasia ke Yamaha

CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 10:45 WIB
Honda Yakin Lorenzo Tak Bocorkan Rahasia ke Yamaha Jorge Lorenzo kembali ke Yamaha sebagai pebalap tes. (MOHD RASFAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur tim Repsol Honda Alberto Puig yakin Jorge Lorenzo tidak akan membocorkan rahasia sepeda motor RC213V kepada Yamaha di MotoGP 2020 setelah kembali memperkuat tim pabrikan asal Jepang tersebut.

Lorenzo memutuskan kembali dari pensiun dan menjadi pebalap tes Yamaha. Keputusan itu diambil setelah juara dunia MotoGP tiga kali itu meninggalkan Repsol Honda dan pensiun akhir musim lalu.

Tugas utama Lorenzo sebagai pebalap tes adalah memberi masukan sebanyak mungkin mengenai sepeda motor YZR-M1. Puig pun yakin Lorenzo tidak akan membocorkan rahasia sepeda motor Honda kepada Yamaha.


"Anda bisa memberitahu mengenai motor Honda di satu titik, atau bagaimana motor Ducati, tapi hanya itu. Tidak mudah untuk mentransfer informasi. Tidak ada formula magis," ujar Puig dikutip dari AS.

Jorge Lorenzo memilih meninggalkan Repsol Honda usai MotoGP 2019.Jorge Lorenzo memilih meninggalkan Repsol Honda usai MotoGP 2019. (JOSE JORDAN / AFP)
Puig juga menghormati keputusan Lorenzo kembali bergabung dengan Yamaha. Puig mengatakan pihak Honda tidak bisa menahan kepergian pebalap yang sudah merasa tidak nyaman dengan kariernya.

Honda Yakin Lorenzo Tak Bocorkan Rahasia ke Yamaha
"Ketika pebalap datang dan mengatakan dia ingin pergi karena takut menyakiti diri sendiri, ditambah dia tidak punya motivasi, Anda hanya bisa menjawab 'ok'," ujar Puig.

"Lorenzo mengatakan dia tidak bisa beradaptasi dengan motor kami, sulit secara fisik, Honda hanya bisa menerimanya. Olahraga kami bahaya, kami tidak bisa memaksa Lorenzo mengambil risiko jika dia tidak siap," sambung Puig.

Honda memilih adik Marc Marquez, Alex, sebagai pengganti Lorenzo di MotoGP 2020. Lorenzo sendiri belakangan santer dikabarkan akan kembali aktif membalap di MotoGP 2021.

[Gambas:Video CNN] (har/jun)