Lorenzo: Honda Bisa Larang Saya ke Yamaha di MotoGP 2020

CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 17:11 WIB
Lorenzo: Honda Bisa Larang Saya ke Yamaha di MotoGP 2020 Jorge Lorenzo senang tidak dilarang Honda bergabung dengan Yamaha. (JOSE JORDAN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo bersyukur Honda tidak melarangnya kembali bergabung dengan Yamaha sebagai pebalap tes di MotoGP 2020.

Lorenzo memutuskan bergabung dengan Yamaha untuk menjadi pebalap tes di MotoGP 2020. Keputusan itu diambil setelah Lorenzo meninggalkan Repsol Honda dan pensiun usai MotoGP 2019.

Dikutip dari Autosport, Lorenzo mengaku bersyukur bisa kembali bergabung dengan Yamaha, yang notabene rival Honda di MotoGP. Pasalnya, Honda bisa mencegah keputusan Lorenzo menjadi pebalap tes Yamaha.


"Saya harus katakan [Direktur Tim Repsol Honda] Alberto Puig selalu pintar dan loyal, saya selalu mendapat dukungan penuh ketika bersama Honda," ujar Lorenzo.

Jorge Lorenzo menjadi pebalap tes Yamaha di MotoGP 2020.Jorge Lorenzo menjadi pebalap tes Yamaha di MotoGP 2020. (MOHD RASFAN / AFP)
"Karena alasan itu saya sangat bersyukur Honda tidak menaruh klausul yang mencegah saya tampil bersama sepeda motor lain musim ini. Mereka bisa melakukannya, tapi tidak melakukannya. Karena alasan itu saya bisa mengambil peran [pebalap tes Yamaha] ini," sambung Lorenzo.

Lorenzo: Honda Bisa Larang Saya ke Yamaha di MotoGP 2020
Lorenzo meninggalkan Repsol Honda meski kontraknya masih menyisakan satu tahun. Pebalap asal Spanyol itu mengaku tidak pernah dihubungi Puig sejak memutuskan kembali ke Yamaha.

"Saya tidak menerima telepon dari Puig, tapi saya selalu berterima kasih atas dukungan dia sepanjang MotoGP 2019 dan tidak memasukkan klausul [larangan memperkuat tim lain] setelah mengakhiri kontrak bersama Honda untuk 2020," ucap Lorenzo.

Lorenzo kembali ke Yamaha setelah pindah ke Ducati pada 2016. Lorenzo sukses merebut tiga gelar juara dunia MotoGP bersama Yamaha dan menjadi satu-satunya juara dunia selain Marc Marquez sejak 2013.

[Gambas:Video CNN] (har/ptr)