PSSI Bicara Dampak Virus Corona di Piala AFC

CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 15:50 WIB
PSSI Bicara Dampak Virus Corona di Piala AFC PSM Makassar kalah 1-2 dari wakil Singapura Tampines Rovers. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI angkat bicara soal permintaan kapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur, terkait antisipasi virus corona di Piala AFC 2020.

Saat ini dua klub yang tampil di Piala AFC 2020, Bali United sebagai juara Liga 1 2019 dan PSM Makassar, juara Piala Indonesia 2018.

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri mengatakan selama negara masih membolehkan pesawat terbang ke negara yang terdampak virus corona, PSSI tidak bisa melarang. Terlebih, AFC juga tidak memberikan larangan maupun penundaan terhadap klub-klub yang tampil di Piala Asia 2020.


"Kalau negara masih membolehkan pesawat ke sana [Singapura]. Selama pesawat masih dikasih izin terbang ke sana, berarti masih dalam kategori bisa diatasi," kata Cucu di Hotel Century, Kamis (13/2).

[Gambas:Video CNN]
Cucu menegaskan PSSI pasti berkoordinasi dengan AFC terkait perkembangan virus corona. Begitu ada jaminan keamanan, PSSI akan berkoordinasi ke Kementerian Kesehatan untuk mengecek kondisi kesehatan para pemain dan ofisial yang akan berangkat bertanding.

"Sebetulnya klub-klub itu tidak perlu diarahkan. Mereka seharusnya sudah tahu dengan situasi yang dihadapi."

"Ya harus dewasalah mereka. Kalau tidak begitu, tidak dewasa-dewasa klub kita. Mereka harus antisipasi sendiri walaupun kami juga pasti memberi tahu," jelas Cucu yang juga Direktur Utama PT. Liga Indonesia Baru (LIB) tersebut.

Sebelumnya, Zulkifli meminta kepada AFC dan PSSI lebih aktif menjamin kesehatan pemain yang tampil di ajang Piala AFC 2020 terkait bahaya virus corona. Apalagi, Pemerintah Indonesia sudah meningkatkan status siaga virus corona di Singapura dari kuning menjadi oranye dengan mengeluarkan travel warning bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berencana ke Negeri Singa tersebut.

Namun, PSM terpaksa tetap memainkan laga menghadapi wakil Singapura, Tampines Rovers di Stadion Jalan Besar, Rabu (12/2) karena tidak ada larangan maupun penundaan dari AFC. Tim Juku Eja kalah 1-2 pada laga tandang perdana di fase Grup H Piala AFC 2020.

Dua gol Tampines Rovers diciptakan Jordan Webb pada menit ke-24 dan Boris Kopitovic di menit 64, sedangkan satu-satunya gol PSM Makassar dibuat Ferdinand Sinaga di menit 86.

"Saya berharap AFC sebagai induk sepak bola Asia bisa melihat [kondisi] ini dan bisa mempertimbangkan karena ini menyangkut keselamatan jiwa pemain. PSSI juga bisa membantu mencari solusi terbaik tanpa harus ada yang menjadi korban. Pasti khawatir, tapi ya kembali lagi, mau tidak mau kami harus memainkan pertandingan," ujar Zulkifli kepada CNNIndonesia.com. (TTF/jun)