Ziyech Pemain Afrika Termahal di Chelsea

CNN Indonesia | Sabtu, 15/02/2020 00:09 WIB
Ziyech Pemain Afrika Termahal di Chelsea Hakim Ziyech jadi pemain Afrika termahal di Chelsea. (Photo by EMMANUEL DUNAND / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Winger Hakim Ziyech jadi pemain Afrika termahal yang pernah direkrut Chelsea setelah The Blues menjalin kesepakatan dengan Ajax Amsterdam untuk transfer sang pemain.

Pada Kamis (13/2), Ajax mengumumkan peresmian Ziyech yang asal Maroko sebagai pemain Chelsea pada musim depan. Untuk sisa laga di musim ini, pemain sayap 26 tahun tersebut akan tetap memperkuat Ajax.

Dikutip dari Daily Mail, harga transfer Ziyech dari Ajax sebesar 37 juta poundsterling (44,5 juta euro) atau setara dengan Rp662,5 miliar. Nilai itu menjadikan Ziyech pemain Afrika termahal yang pernah direkrut The Blues.


Sebelumnya, rekor pemain Afrika termahal di Chelsea dipegang Didier Drogba yang didatangkan dari Olympique Marseille pada 2004/2005 dengan harga 38,5 juta euro.

Transfer Ziyech merupakan rekrutan pertama pelatih Frank Lampard di Chelsea setelah klub tersebut terbebas sanksi FIFA. Tidak hanya itu, pemain kelahiran Dronten tersebut juga jadi pemain Maroko pertama di klub asal London ini.

Hakim Ziyech (kiri) melewati harga Didier Drogba.Hakim Ziyech (kiri) melewati harga Didier Drogba. (AP Photo/Peter Dejong)
Dikutip dari Transfermarkt, Ziyech jadi pemain ketiga yang didatangkan Chelsea dari Ajax. Dua nama sebelumnya yang pernah direkrut Chelsea dari raksasa Liga Belanda itu adalah, Mario Melchiot pada Juli 1999 dan Jesper Gronkjaer pada Januari 2001.

[Gambas:Video CNN]

Ziyech Pemain Afrika Termahal di Chelsea
Ziyech merupakan salah satu pemain andalan Ajax dalam beberapa musim belakangan. Dalam empat musim terakhir bersama Ajax, Ziyech sudah bermain di 160 pertandingan di semua ajang dengan mengemas 48 gol dan memberikan 82 umpan.

Total Ziyech mempersembahkan tiga trofi untuk Ajax, di antaranya gelar Liga Belanda dan Piala Belanda musim 2018/2019. Sementara itu, di musim ini Ziyech sudah bermain dalam 30 pertandingan dengan mencetak 8 gol dan memberikan 21 assist di semua ajang. (sry/jal)


BACA JUGA