Hang Seo Tak Merasa Hina Wasit Saat Lawan Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 18:50 WIB
Hang Seo Tak Merasa Hina Wasit Saat Lawan Timnas Indonesia Park Hang Seo tak merasa hina wasit saat melawan Timnas Indonesia U-23 di final SEA Games 2019. (Nhac NGUYEN / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih timnas Vietnam, Park Hang Seo, bantah menghina wasit saat melawan Timnas Indonesia U-23 di final SEA Games 2019.

Juru racik formasi asal Korea Selatan itu menyatakan kemampuan bahasa Inggris dirinya tidak cukup baik untuk melontarkan kata-kata yang menghina korps baju hitam.

"Saya akan menerima hukuman AFC, namun saya bisa pastikan saya tidak menghina wasit. Bahasa Inggris saya tidak cukup baik. Setelah pertandingan, saya sudah meminta maaf kepada mereka," ujar Hang Seo seperti dilansir Fox Sport.


"Saya dapat kartu merah setelah bereaksi atas keputusan yang salah. Saat itu, tensi pertandingan terus meningkat dan pemain bisa saja cedera. Saya katakan kepada wasit untuk lebih baik dalam memimpin pertandingan," ia melanjutkan.

Hang Seo Tak Merasa Hina Wasit Saat Lawan Timnas IndonesiaPark Hang Seo dilarang mendampingi tim dalam empat laga uji coba oleh AFC. (CNN Indonesia/Surya Sumirat)
Hang Seo diusir wasit karena melakukan protes dari pinggir lapangan kepada wasit keempat dan wasit utama asal Arab Saudi, Majed Mohamed Alshamrani. Sang pengadil lantas memberikan kartu merah dan Hang Seo diminta meninggalkan bangku cadangan.

Hang Seo sempat tidak terima dengan hukuman yang diberikan wasit. Pelatih berusia 62 tahun itu kemudian terlihat memaki Alshamrani.

Aksi tak terpuji Hang Seo membuat AFC menjatuhkan larangan mendampingi tim dalam empat pertandingan yang sudah dihitung dengan laga Vietnam vs Timnas Indonesia U-23 di final SEA Games 2019.

Hang Seo Tak Merasa Hina Wasit Saat Lawan Timnas Indonesia
Hang Seo juga dijatuhi sanksi berupa denda US$ 5 ribu atau setara Rp68,2 juta.

"Park Hang Seo disanksi untuk empat laga uji coba, termasuk satu larangan tampil yang otomatis berlaku di laga Indonesia vs Vietnam pada 10 Desember 2019," tulis AFC dalam pernyataannya.

Meski tak merasa menghina wasit, Hang Seo tetap meminta maaf pada fan The Young Golden Stars. Ia merasa suporter telah melihat perilaku yang kurang baik dari dirinya dalam laga yang dimenangi timnas Vietnam U-23 dengan skor telak 3-0 tersebut.

"Saya minta maaf ke fan karena mereka harus melihat perilaku saya di lapangan," ucapnya.

[Gambas:Video CNN] (jal/sry)