Debut di Timnas Indonesia, Penyerang PSM Siap Bersaing

CNN Indonesia | Sabtu, 15/02/2020 12:59 WIB
Debut di Timnas Indonesia, Penyerang PSM Siap Bersaing Ilustrasi para pemain Timnas Indonesia berlatih di bawah arahan Shin Tae Yong. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyerang PSM Makassar, Rizky Eka melakoni debut di latihan Timnas Indonesia, Jumat (14/2). Pemain 20 tahun itu mengaku siap bersaing dengan pemain-pemain lain yang juga seniornya.

Rizky Eka menjadi satu-satunya wajah baru yang dipanggil Shin Tae Yong untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia. Sedangkan 33 nama lainnya merupakan wajah lama yang sering hilir-mudik bersama Timnas U-19, U-23 maupun senior.

"Pasti saya merasa bersyukur bisa ikut TC. ini TC pertama saya di Timnas Senior. Semoga ke depan saya bisa lebih baik agar lebih dipercaya oleh pelatih."


"Tentu persaingan sangat berat untuk masuk dan terpilih di Timnas Indonesia. Saya sendiri bakal terus berlatih lebih keras lagi," ucap Rizky Eka.

Timnas Indonesia mulai berlatih di bawah arahan Shin Tae Yong. (Timnas Indonesia mulai berlatih di bawah arahan Shin Tae Yong. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Di latihan perdana, Shin Tae Yong lebih fokus ke latihan ringan untuk mengembalikan kondisi fisik pemain. Sebab, para pemain disebut lelah usai melakoni pertandingan, baik di turnamen Piala Gubernur Jawa Timur maupun yang tampil di Piala AFC 2020.

Meski begitu, Rizky Eka yang saat ini masih berusia 20 tahun mengaku tidak masalah. Ia berusaha untuk beradaptasi dengan mengikuti semua instruksi yang diberikan pelatih asal Korea Selatan.

"Latihan fisik saya tidak masalah. Apapun yang diarahkan saya akan memberikan yang terbaik," ungkapnya.

Dari 34 nama yang telah dipanggil, dua di antaranya disebut tidak bisa untuk memenuhi panggilan. Yanto Basna dipastikan tidak bakal hadir karena tidak diizinkan klubnya, PT Prachuap FC, lantaran kompetisi di Liga Thailand yang sudah mulai, serta Firza Andika yang masih terbalut cedera.

Posisi keduanya digantikan dua pemain lain hasil pantauan Shin Tae Yong di Piala Gubernur Jatim, yakni Koko Ari Araya, pemain muda Persebaya Surabaya dan Asep Berlian, gelandang Madura United yang menyusul bergabung di latihan.

Debut di Timnas Indonesia, Penyerang PSM Siap Bersaing
Sebelumnya 34 nama sudah dipanggil pelatih asal Korea Selatan tersebut. Dalam pemanggilan tersebut, Shin Tae Yong memberikan kesempatan buat empat pemain muda U-19 untuk ambil bagian seperti; kiper PSMS Medan, Adi Satrio, bek PSIS Semarang, Alfreanda Dewangga, Pratama Arhan, gelandang PSIS dan Irfan Jauhari, striker muda milik Bali United.

Selain itu, pemain yang biasa menghiasi skuat Timnas Indonesia U-23 juga turut dipanggil Shin Tae Yong untuk mengisi pemain senior. Mereka adalah Nadeo Arga Winata (Bali United) dan M. RIyandi (Barito Putera) untuk posisi kiper.

Di posisi bek, pemain PS Tira Persikabo Andy Setyo, Bagas Adi Nugroho (Arema FC) serta Asnawi Mangkualam (PSM Makassar). Untuk lini tengah, pemain U-23 yang dipanggil Shin Tae Yong yakni Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya), Sani Rizky Fauzi dan Saddil Ramdani dari Bhayangkara FC, Osvaldo Haay (Persija Jakarta) serta M. Rafli (Arema FC).

Shin Tae Yong juga memanggil sejumlah pemain senior langganan Timnas Indonesia seperti Andritany Ardhiyasa (Persija), Hansamu Yama (Persebaya), Fachruddin Aryanto (Madura United), Hendro Siswanto (Arema FC), Bayu Pradana (Barito Putera), Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim (PSS Sleman), Putu Gede Juni Antara (Bhayangkara FC), Febri Hariyadi (Persib Bandung) serta Lerby Eliandry dan Ilija Spasojevic dari Bali United. (TTF/bac)