Beban Berat Jadi Anak Michael Jordan

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 14:48 WIB
Beban Berat Jadi Anak Michael Jordan Putra Michael Jordan gagal masuk NBA. (AFP/STREETER LECKA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak banyak anak yang mampu mengikuti jejak sukses sang ayah di dunia olahraga. Salah satu contoh kasus yang nyata adalah dua putra Michael Jordan, Jeffrey dan Marcus, yang gagal masuk NBA.

Jordan sering dianggap sebagai pemain bola basket terhebat sepanjang sejarah, baik di NBA dan dunia. Enam gelar cincin NBA, enam kali MVP Final NBA, lima kali gelar MVP NBA, dan medali emas Olimpiade adalah sejumlah prestasi luar biasa yang pernah diraih Jordan.

Bahkan hingga setelah pensiun nama Jordan masih sering dibicarakan di dunia NBA. Kini Jordan menjadi pebisnis yang sukses dengan salah satunya menjadi pemilik klub NBA Charlotte Hornets.


Sayang sukses Jordan menjadi atlet bola basket tidak mampu diikuti kedua putranya. Bahkan Jeffrey dan Marcus gagal mencicipi arena NBA meski memiliki karier sebagai atlet bola basket.

Michael Jordan memberi kebebasan untuk Jeffrey dan Marcus menentukan pilihan.Michael Jordan memberi kebebasan untuk Jeffrey dan Marcus menentukan pilihan. (AFP/STREETER LECKA)
Jeffrey Michael Jordan lahir pada 18 November 1988 dan merupakan putra tertua Jordan. Jeffrey bermain di NCAA bersama dua tim universitas, University of Illinois pada 2007 hingga 2010 dan University of Central Florida (UCF) pada 2010 hingga 2012.

Jeffrey gagal masuk draf NBA pada 2012 dan tercatat sebagai pemain undrafted, atau pemain amatir dan berstatus free agent. Namun, tidak ada klub NBA yang tertarik merekrut Jeffrey.

[Gambas:Instagram]
Marcus James Jordan juga berstatus sebagai pemain UCF pada 2009 hingga 2012 dan berposisi sebagai shooting guard. Sayang, Marcus yang lebih muda dua tahun daripada Jeffrey juga tidak mampu menembus kompetisi NBA.

Beban Berat Jadi Anak Michael Jordan
Jeffrey dan Marcus terbilang beruntung memiliki ayah Jordan. Pasalnya, meski memiliki naluri kompetitif sebagai pribadi dan atlet, Jordan tidak pernah memaksa kedua putranya untuk mengikuti jejaknya bermain di NBA. Padahal sebagai pemilik Charlotte Hornets sejak 2006, Jordan bisa saja memasukkan Jeffrey dan Marcus.

"Kalian [Jeffrey dan Marcus] punya beban berat. Bahkan saya tidak mau menjadi kalian, karena harapan besar yang harus kalian hadapi. Tapi, saya akan membiarkan kalian mengambil keputusan dan memutuskan jalan terbaik untuk kalian," ujar Jordan kepada kedua anaknya saat masuk Hall of Fame pada 2009.

[Gambas:Video CNN] (bac)