Wabah Corona, Eks Kiper Persebaya Sumbang Masker di Wuhan

CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 15:10 WIB
Wabah Corona, Eks Kiper Persebaya Sumbang Masker di Wuhan Suasana di Kota Wuhan di tengah wabah virus Corona. (HECTOR RETAMAL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan penjaga gawang Persebaya Surabaya, Zeng Cheng, menyumbang masker dan alat pernapasan untuk memberi dukungan bagi orang-orang yang terkena dampak wabah virus corona di kota Wuhan, China.

Salah satu kiper Timnas China yang kini membela klub Shanghai Shenhua itu merupakan pemain kelahiran Wuhan.

Pemain yang pernah membela Persebaya pada 2005 menyumbangkan 10 ribu masker N95 dan dua alat bantu pernapasan untuk kota kelahirannya. Tim medis di rumah sakit Wuhan Hankou telah mengonfirmasi bantuan dari Cheng di media sosial.


"Ini yang menurut saya wajib dilakukan untuk kampung halaman. Saya ingin memberi hormat kepada staf medis yang bekerja di garis depan," kata Cheng.

"Semoga sedikit usaha saya dapat membantu mereka yang membutuhkan dan berharap kita dapat segera mengakhiri epidemi ini. Semoga pasien cepat pulih. Tetap kuat China, tetap kuat Wuhan," tambahnya.

Zeng Cheng pemain kelahiran Wuhan yang pernah membela Persebaya. (FRANCK FIFE / AFP)Zeng Cheng pemain kelahiran Wuhan yang pernah membela Persebaya. (FRANCK FIFE / AFP)
Seperti dikutip Xinhua dari pernyataan tim Shenhua, Cheng disebut memiliki kepedulian tinggi terhadap situasi di Wuhan saat ini.

Dengan peningkatan jumlah kasus virus corona, Wuhan memang memang mengalami kekuarangan sumber daya medis.

Sebelum Cheng mendonasikan masker dan alat bantu pernapasan, klub Shenhua juga menyumbangkan masker dan pakaian pelindung untuk staf medis di Wuhan.

Virus corona juga membawa dampak bagi olahraga di China dan turut memengaruhi Shenhua yang saat ini berlatih di Dubai sebelum Liga Super China 2020 dimulai.
Mantan Kiper Persebaya Sumbang Masker untuk Kota Wuhan

Jadwal Shenhua di Liga Champions Asia juga mengalami penundaan. Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) menyatakan bakal terus mengevaluasi dampak wabah virus corona.

Tiga klub China lainnya, Guangzhou Evergrande, Beijing FC, dan Shanghai SIPG juga mengalami penundaan di Liga Champions Asia.

[Gambas:Video CNN]

(nva/bac)