Marc Marquez, Raja MotoGP Pemecah Rekor Rossi

CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 13:29 WIB
Marc Marquez, Raja MotoGP Pemecah Rekor Rossi Marc Marquez berhasil memecahkan beberapa rekor yang sebelumnya dipegang Valentino Rossi. (AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini terbilang istimewa untuk pebalap top MotoGP, Marc Marquez. Pebalap asal Spanyol itu kini menginjak usia 26 tahun.

Marquez adalah sosok istimewa dalam sejarah MotoGP. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu berdiri sejajar dengan para legenda balap motor seperti Giacomo Agostini, Mick Doohan, maupun Valentino Rossi.

Marquez telah mengoleksi delapan gelar juara dunia. Enam gelar diraih di pentas MotoGP, satu di ajang Moto2, dan kelas 125 cc.


Marquez pertama kali mencuri perhatian publik saat juara kelas 125 cc tahun 2010. Ia memenangi 10 seri dan mengakhiri musim balapan dengan gelar juara dunia.

Marc Marquez, Raja MotoGP Pemecah Rekor RossiMarc Marquez sudah meraih delapan gelar juara dunia. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)
Gelar itu membuat Marquez jadi salah satu juara dunia termuda karena masih berusia 17 tahun dan 263 hari. Marquez lantas naik ke kelas Moto2 tahun 2011 dan hanya butuh dua musim untuk meraih gelar juara dunia.

Kiprah perdana Marquez di ajang MotoGP terjadi tahun 2013 bersama Repsol Honda. Di musim perdana pula, Marquez meraih gelar MotoGP perdana sekaligus jadi juara dunia termuda.

Marquez berhasil mengatasi perlawanan dua kompatriotnya, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa. Sedangkan Valentino Rossi hanya mengakhiri musim di peringkat keempat klasemen pebalap.

Setelah tampil mengejutkan di musim perdana, Marquez bisa mempertahankan gelar pada musim berikutnya. Gelar juara dunia sempat lepas pada 2017 tetapi ia membayar lunas kegagalan itu pada empat musim berikutnya.

[Gambas:Video CNN]

Pebalap berusia 26 itu berturut-turut jadi juara juara dunia dari tahun 2016 hingga 2019. Tambahan empat gelar itu menggenapkan dominasi Marquez yang mengoleksi delapan gelar juara dunia.

Beragam kesuksesan itu membuat Marquez jadi 'musuh besar' bagi Rossi. Hal ini dikarenakan dominasi Marquez membuat beberapa rekor The Doctor terpecahkan.

Gelar juara dunia pertama yang diraih Marquez membuatnya unggul dari Rossi. Marquez jadi juara dunia saat berusia 20 tahun sedangkan Rossi baru bisa melakukannya saat menginjak usia 22 tahun.

Tiga gelar juara dunia yang diukir Marquez musim 2013, 2014, dan 2016 juga lebih baik dari Rossi. Pebalap yang terkenal liar saat berada di lintasan itu bisa meraih tiga gelar MotoGP saat masih berusia 23 tahun.

Marc Marquez, Raja MotoGP Pemecah Rekor Rossi
Saat juara MotoGP 2019, Marquez juga kembali mematahkan rekor Rossi. Pebalap yang identik dengan nomor 93 itu jadi juara dunia untuk kali kelima dengan usia 25 tahun.

Usia Marquez saat meraih lima gelar tersebut satu tahun lebih muda saat Rossi lebih dahulu membuat catatan serupa.

Dengan usianya yang kini baru menginjak 26 tahun, Marquez masih punya banyak waktu untuk memecahkan banyak rekor lainnya. Ia hanya berjarak satu gelar dari Rossi dan dua gelar dari Agostini di ajang MotoGP.

Feliz cumpleanos Marquez! (jal/bac)