Dampak Virus Corona, Rencana Timnas U-19 ke Korsel Terancam

CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 20:37 WIB
Dampak Virus Corona, Rencana Timnas U-19 ke Korsel Terancam Timnas Indonesia U-19 terancam batal pemusatan latihan di Korsel dan Jepang. (JOE KLAMAR / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rencana pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan dan Jepang terancam batal karena dampak virus corona.

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri, mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait dampak penyebaran virus corona di Jepang dan Korea Selatan.

"Kami juga koordinasi dengan Jepang dan Korea Selatan apa ada travel warning kaitannya dengan virus corona. Pada intinya, kami tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan para pemain," kata Cucu.


Sejauh ini, lanjut Cucu, PSSI masih mendiskusikan rencana keberangkatan Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan dan Jepang sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 akhir 2020 dan menjelang Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

"Masih situasional. Kami akan cari masukan-masukan dahulu seperti apa nantinya. Sebab, seperti event basket [Piala Dunia Basket] juga kan ditunda karena virus corona. Kami juga tidak mungkin minta pemain pergi kalau tidak ada izin," tegas Cucu.

[Gambas:Video CNN]
Menyoal alternatif lokasi TC lain buat Timnas Indonesia U-19, Cucu mengatakan belum dapat memastikan. Hal ini masih dalam pembahasan di level Sekjen PSSI Ratu Tisha dan Manajer Pelatih, Shin Tae Yong.

"Kami lihat nanti, masih kami cari. Baru tadi rapat dengan Sekjen PSSI dan Shin Tae Yong," sebutnya.

Dampak Virus Corona, Rencana Timnas U-19 ke Korsel Terancam
Sebelumnya sejumlah event olahraga internasional terpaksa dibatalkan akibat wabah virus corona di Wuhan, China, yang mulai menyebar di sejumlah negara. Mulai dari agenda sepak bola, badminton, atletik, tenis sampai Formula 1 dan Formula E.

Khusus dari arena sepak bola, sejumlah jadwal Liga Champions Asia yang melibatkan klub asal China resmi ditunda. Ada empat klub dari Liga Super China yang ambil bagian di Liga Champions Asia yaitu Guangzhou Evergrande, Shanghai Shenhua, Beijing FC, dan Shanghai SIPG.

Laga klub-klub dari China itu sedianya bakal digelar pada pekan pertama April. Namun dengan situasi darurat akibat virus corona, laga-laga tersebut bakal ditunda. Pihak AFC memastikan seluruh jadwal Liga Champions Asia untuk tim-tim Asia Timur bakal ditunda.

Selain itu, pertandingan salah satu grup kualifikasi Olimpiade di cabang olahraga sepak bola wanita batal digelar di Wuhan China. Penyelenggaran mengalihkan laga tersebut ke Australia yang diikuti empat negara peserta; China, Taiwan, Australia, dan Thailand. (TTF/jun)