Piala Dunia Basket 2023, Jokowi Minta Timnas yang Tangguh

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 13:47 WIB
Piala Dunia Basket 2023, Jokowi Minta Timnas yang Tangguh Presiden Jokowi meminta persiapan Piala Dunia Bola Basket 2023 dilakukan dengan matang. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementerian terkait menyiapkan venue pertandingan Piala Dunia Bola Basket (FIBA World Cup) 2023 dengan baik. Jokowi juga meminta dipersiapkan Timnas Bola Basket Indonesia yang tangguh.

Indonesia, bersama Filipina dan Jepang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023. Jokowi meminta venue untuk Piala Dunia Bola Basket 2023 dipersiapkan dengan matang.

"Saya minta agar venue yang akan digunakan sebagai tempat bertanding disiapkan sesuai standar yang ditetapkan FIBA," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang 'Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023' di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2).


Jokowi meminta agar venue itu disiapkan mulai dari tempat duduk, ruang ganti, lapangan pertandingan, area dengan jaringan internet, dan layanan yang lainnya.

Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang. (AP Photo/Ng Han Guan)
Jokowi juga meminta agar Timnas bola basket Indonesia disiapkan dengan matang agar bermental kuat menghadapi Piala Dunia Bola Basket 2023.

"Saya juga minta disiapkan untuk Timnas basket yang tangguh dan bermental dalam rangka 2023," ucap Jokowi.

Piala Dunia Basket 2023, Jokowi Minta Timnas yang Tangguh
Timnas Indonesia sendiri belum dipastikan tampil di putaran final Piala Dunia Bola Basket 2023 meski berstatus sebagai tuan rumah. Indonesia harus lolos ke Piala Asia FIBA 2021 untuk menunjukkan permainan kompetitif.

Meski Piala Dunia Bola Basket baru akan digelar tiga tahun lalu, Jokowi mengingatkan masih banyak hal yang harus disiapkan. Selain venue dan pemain, Jokowi juga menekankan pentingnya menyiapkan regulasi yang menjadi dasar penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket 2023.

[Gambas:Video CNN]
"Termasuk alokasi anggaran dan penyelesaian kewajiban hosting fee yang harus dipenuhi pada FIBA," ujar Jokowi.

Terakhir Jokowi meminta pembentukan Organizing Committee atau panitia pengarah untuk segera menyiapkan rancangan kegiatan secara komprehensif. Mulai dari perencanaan anggaran, kegiatan praevent, keamanan, hingga kesehatan.

"Segera disiapkan dan bentuk OC-nya untuk menyiapkan rancangan kegiatan yang komprehensif. Ini juga dalam rangka mempromosikan wajah baru Indonesia, mengenalkan pariwisata dan lain-lain," ucap Jokowi. (pris/har)