Persebaya vs Persija di Final Piala Gubernur Jatim 2020

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 17:21 WIB
Persebaya vs Persija di Final Piala Gubernur Jatim 2020 Persebaya tantang Persija di final Piala Gubernur Jatim 2020. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persebaya Surabaya berhak melaju ke final Piala Gubernur Jatim 2020 usai mengalahkan Arema FC 4-2 di Stadion Soeprijadi, Selasa (18/2). Dengan demikian Bajul Ijo akan menghadapi Persija Jakarta di partai puncak.

Duel sarat gengsi antar sesama tim asal Jawa Timur ini berlangsung keras sejak awal laga. Masing-masing tim haru bermain dengan 10 pemain hingga akhir laga.

Arema sempat berada di atas angin setelah unggul cepat lewat gol Johan Ahmad Alfarizi di menit ketiga memanfaatkan bola kemelut.


Berawal dari situasi tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Persebaya. Tembakan Oh In-kyun mampu ditepis oleh Rivky Mokodompit tapi menghasilkan kemelut yang berhasil dimanfaatkan Johan Alfarizi.

Arema harus berjuang dengan 10 pemain setelah Jonathan Baumann dikartu merah di menit ke-18. Striker asal Argentina tersebut terpaksa diusir keluar usai menendang Arif Satriya usai keduanya berduel di kotak penalti.

Persebaya hadapi Persija di final Piala Gubernur Jatim.Persebaya hadapi Persija di final Piala Gubernur Jatim. (ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO)
Persebaya berhasil memanfaatkan keunggulan pemain dengan efektif. Gol David da Silva (28') dan Mahmoud Eid (45+') membalikkan skor menjadi 2-1 untuk Persebaya hingga babak pertama usai.

[Gambas:Video CNN]

Persebaya berhasil memperlebar keunggulan melalui aksi ciamik Irfan Jaya yang baru masuk di babak kedua. Irfan dengan cerdik melepaskan tembakan ke sela kaki Kurniawan Kartika Aji untuk membawa Persebaya unggul 3-1.

Persebaya Tantang Persija di Final Piala Gubernur Jatim 2020
Meski demikian, peluang Arema untuk membalikkan keadaan kembali terbuka setelah Arif Budi juga diganjar kartu merah di menit ke-60. Persebaya dan Arema sama-sama bertanding dengan 10 pemain. Akan tetapi, perjuangan Arema makin berat usai sundulan David da Silva di menit ke-69 bersarang ke gawang Arema.

Arema belum menyerah begitu saja dan mampu memperkecil ketinggalan menjadi 2-4 di menit ke-73 melalui sepakan terukur Elias Alderete. Namun, tim arahan Mario Gomez tak mampu mengejar ketertinggalan gol hingga laga usai.

Dengan demikian, Persebaya akan menantang Persija di partai final Piala Gubernur Jatim. Duel puncak bakal digelar pada Kamis (20/2).

Susunan Pemain

Persebaya XI: Rivki Mokodompit; Abu Rizal Maulana, Arif Satriya, Rizky Ridho, Nasir; Hambali Tholib, Makan Konate, Muhammad Hidayat; Oktafianus Fernando, David da Silva, Muhammad Supriadi (Mahmoud Eid 30').

Arema FC XI: Kurniawan Kartika Aji; Vikrian Akbar, Johan Alfarizi, Nurdiansyah, Taufik Hidayat; Hanif Sjahbandi, Dave Mustaine, Oh In-kyun; Ridwan Tawainella, Jonathan Bauman, Elias Alderete. (jun/sry)