Mantan Pelatih Ungkap Cara Kalahkan Liverpool

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 22:50 WIB
Rafael Benitez memaparkan strategi untuk meredam dan mengalahkan Liverpool yang tampil superior musim ini. Liverpool kalah dari Napoli di Liga Champions musim ini. (Photo by Paul ELLIS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pelatih Liverpool Rafael Benitez membeberkan strategi mengalahkan The Reds yang di musim ini memiliki rapor mengagumkan.

Jelang melawan Atletico Madrid di leg pertama Liga Champions di Stadion Wanda Metropolitano, Rabu (19/2) dini hari WIB, Liverpool punya modal tidak terkalahkan di Liga Inggris dalam 26 pertandingan.

Di musim ini The Reds menelan dua kekalahan, di Liga Champions dan Piala Liga Inggris. Di babak grup Liga Champions Liverpool kalah 0-2 dari Napoli, sedangkan di Piala Liga takluk 0-5 dari Aston Villa. Kekalahan dari Aston Villa itu sejatinya tak masuk hitungan karena Liverpool memainkan pemain muda di laga tersebut


Di Liga Champions Liverpool berupaya melanjutkan dominasi positif tersebut. Atletico menjadi lawan yang lebih dahulu harus dilewati tim asuhan Jurgen Klopp itu sebelum mempertahankan gelar.

Akan tetapi, eks pelatih Liverpool yang kini melatih klub China, Dalian Yifang, Rafael Benitez mencoba memberikan saran kepada Atletico untuk bisa menumbangkan Jordan Henderson dan kawan-kawan di leg pertama nanti.

Liverpool belum terkalahkan di Liga Inggris.Liverpool belum terkalahkan di Liga Inggris. (AP Photo/Jon Super)
"Ketika tim Newcastle United kami bermain melawan Liverpool, pemain cepat kami tidak lebih cepat dari mereka, jadi pada akhirnya satu-satunya cara untuk mendapatkan sesuatu dari permainan itu adalah bermain solid," ujar Benitez dikutip dari Metro.

[Gambas:Video CNN]

"Masalahnya Anda tidak bisa bertahan dengan solid selamanya, jika mereka mendominasi permainan di sepanjang laga," ucap Benitez menambahkan.

Dengan tidak mungkin bertahan selama 90 menit, Benitez menilai tim lawan perlu menciptakan kejutan lewat serangan balik. Dengan catatan, serangan itu berjalan efektif dan menjadi ancaman untuk lini pertahanan Liverpool.

Mantan Pelatih Ungkap Cara Kalahkan Liverpool
"Anda harus mencoba dan melepaskan diri dari tekanan mereka. Untuk mengalahkan Liverpool atau [Manchester] City Anda membutuhkan kecepatan dan keterampilan di area yang luas di depan," tutur mantan pelatih Valencia itu.

"Jika tidak, itu hanya seperti mengoper bola. Anda tidak akan lebih baik dari mereka pada saat itu, dan mereka biasanya akan lebih cepat dan lebih kuat dari Anda," ujar pelatih asal Spanyol itu melanjutkan.

Dalam kariernya, Benitez memiliki rapor dua kemenangan atas Liverpool. Itu terjadi di babak grup Liga Champions musim 2002/2003. Ketika itu Benitez yang melatih Valencia menang 2-0 dan 1-0 dalam dua pertandingan. (sry/ptr)