Liga Champions: Atletico Unggul Atas Liverpool di Babak I

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 03:48 WIB
Liga Champions: Atletico Unggul Atas Liverpool di Babak I Atletico unggul di babak pertama. (AP Photo/Bernat Armangue)
Jakarta, CNN Indonesia -- Atletico Madrid berhasil unggul 1-0 atas Liverpool pada babak pertama leg pertama babak 16 besar Liga Champions di stadion Wanda Metropoitano, Selasa (18/2).

Atletico langsung menekan Liverpool begitu laga dimulai. Sejumlah umpan silang berbahaya sudah ditunjukkan pemain-pemain Atletico. Serangan agresif Atletico ini langsung berbuah gol di menit keempat.

Bermula dari sepak pojok, bola yang meluncur ke muka gawang mengenai kaki Fabinho dan membuat bola bergulir ke arah Saul Niguez yang tak terkawal. Saul tanpa kesulitan melepaskan tembakan dari jarak dekat untuk menaklukkan Alisson Becker.


Liverpool berupaya menguasai arah permainan setelah kebobolan di waktu cepat. Pada menit ke-11, tendangan spekulasi Trent Alexander-Arnold masih melambung jauh di atas gawang.
Pemain Atletico merayakan gol pertama.Pemain Atletico merayakan gol pertama. (AP Photo/Manu Fernandez)

Liverpool terus menguasai keadaan dan mengurung Atletico. Lewat skema gegenpressing, Atletico tidak bisa dengan mudah melakukan serangan balik setelah merebut bola. Namun hingga menit ke-20, Liverpool belum mampu melepaskan satu tembakan tepat sasaran ke gawang Atletico.

Justru Los Rojiblancos yang sempat menghadirkan satu ancaman lewat serangan balik. Umpan silang Koke nyaris berbuah petaka bila Andy Robertson tidak membuang bola di waktu yang tepat.

Pada menit ke-26, Atletico punya peluang emas lewat Alvaro Morata. Morata lepas dari kawalan lini belakang Liverpool dan sukses melepaskan tendangan dari jarak dekat. Namun bola mampu dibendung Alisson.

Beberapa saat kemudian, Jan Oblak melakukan kesalahan karena mengoper bola kepada salah. Bola pantulan dari Salah langsung mengarah kepada Firmino yang langsung kembali menyodorkan bola pada Salah.

[Gambas:Video CNN]

Salah sukses menceploskan bola ke dalam gawang Atletico. Beruntung bagi Atletico, Firmino ada di posisi offside saat bola pantulan dari Salah mengarah pada dirinya.

Tiga menit berselang, Robertson melepaskan tendangan dari luar kotak penalti tetapi bola masih mengarah ke sisi sebelah kiri gawang. Usaha Fabinho semenit kemudian juga tidak membuahkan hasil.

Upaya Liverpool menembus pertahanan kokoh Atletico berhasil membuat Salah punya ruang tembak di menit ke-35. Tetapi tendangan Salah membentur bek Atletico sehingga keluar lapangan.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan.


Susunan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2)

Jan Oblak; Sime Vrsaljko, Stefan Savic, Felipe, Renan Lodi; Koke, Saul Niguez, Thomas Partey, Thomas Lemar; Angel Correa, Alvaro Morata

Liverpool (4-3-3)

Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (ptr/ptr)