Liverpool dan Klopp Selalu Bangkit dari Kekalahan Leg Pertama

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 12:15 WIB
Liverpool dan Klopp Selalu Bangkit dari Kekalahan Leg Pertama Jurgen Klopp selalu membawa Liverpool ke partai final kompetisi Eropa sejak musim 2015/2016. (AP Photo/Frank Augstein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bersama Jurgen KloppLiverpool selalu mampu bangkit dari kekalahan leg pertama dalam berbagai kompetisi antarklub Eropa.

Liga Champions musim ini menjadi ajang Eropa keempat bagi The Reds dan Klopp. Dalam tiga kesempatan berebut gelar di dengan klub-klub Benua Biru lainnya, Liverpool menunjukkan kemampuan bangkit setelah mengalami kekalahan pada leg pertama.

Kali pertama Liverpool mengalami kekalahan dalam kejuaraan Eropa bersama Klopp adalah dalam Liga Europa 2015/2016.


Pada musim pertama menangani Liverpool, Klopp berhasil mengantarkan kubu Merseyside Merah sebagai finalis Liga Europa. Liverpool menjalani fase gugur yang cukup mulus, hingga dikalahkan Villarreal pada babak semifinal.

Setelah kalah 0-1 pada laga yang berlangsung di Stadion El Madrigal, Klopp dan anak asuhnya kemudian membalas dengan kemenangan 3-0 ketika menjamu Villarreal di Stadion Anfield dan meraih tiket ke final dengan keunggulan agregat 3-1 .

Liverpool dan Klopp Selalu Bangkit dari Kekalahan Leg PertamaLiverpool mengalami kekalahan dari Atletico Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions musim ini. (AP Photo/Bernat Armangue)
Semusim setelah absen di pentas Eropa pada musim 2016/2017, Liverpool dan Klopp tampil di Liga Champions. Dalam perjalanan menuju final, Liverpool lagi-lagi tampil cukup apik dan hanya mengalami satu kekalahan pada leg kedua semifinal ketika melawan AS Roma.

Kekalahan pada leg pertama laga fase gugur baru kembali terjadi pada semifinal Liga Champions musim lalu. Bertemu Barcelona, Liverpool takluk 0-3 di Stadion Camp Nou.

Liverpool dan Klopp Selalu Bangkit dari Kekalahan Leg Pertama

Skor telak tersebut kemudian dibalas dengan kemenangan empat gol tanpa balas di Anfield. Liverpool kemudian melaju ke final dan meraih gelar pertama di kompetisi Eropa bersama Klopp setelah menumbangkan Tottenham Hotspur 2-0.

Musim ini Liverpool dan Klopp kembali mengalami kekalahan leg pertama dari klub asal Spanyol. Berbeda dengan kekalahan yang dialami dari Villarreal atau Barcelona yang terjadi di semifinal, Liverpool menelan kekalahan dari Atletico Madrid pada babak 16 besar.

[Gambas:Video CNN] (nva/jal)