Jakmania Tunggu Surat Larangan ke Final Piala Gubernur Jatim

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 16:41 WIB
Jakmania Tunggu Surat Larangan ke Final Piala Gubernur Jatim Persija Jakarta bakal bermain di final Piala Gubernur Jatim 2020 tanpa dukungan Jakmania. (dok. Persija Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Pengurus Pusat The Jakmania, Diky Soemarno, masih menunggu surat resmi larangan suporter Persija Jakarta menyaksikan laga final Piala Gubernur Jatim 2020.

Persija Jakarta bakal berhadapan dengan Persebaya Surabaya di final Piala Gubernur Jatim di Stadion Delta Sidoarjo, Kamis (20/2) sore. Dalam laga tersebut Jakmania dilarang hadir menyaksikan langsung Riko Simanjuntak dan kawan-kawan beraksi, sementara Bonek tetap diperbolehkan datang ke stadion.

"Infonya kami tidak boleh hadir [ke Sidoarjo]. Tapi sampai sekarang belum ada surat resmi dari panpel [panitia pelaksana] ke Persija soal larangan. Dasarnya apa, pertimbangan apa atau mungkin karena tidak dapat rekomemdasi dari pihak kepolisian atau apa?"


"Intinya panpel harus mengkomunikasikan ini ke Persija dan kami nanti akan ikut keputusan dari Persija," kata Diky kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/2).

Kepindahan venue final Piala Gubernur Jatim dari Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya ke Stadion Delta Sidoarjo juga dinilai janggal dan menganggap panpel tidak konsisten.

Jakmania Tunggu Surat Resmi Larangan ke Final Piala GubernurJakmania dilarang menyaksikan laga final Piala Gubernur Jatim di Gelora Delta Sidoarjo. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Terlepas dari larangan hadir di lokasi pertandingan, Diky mengatakan Jakmania fokus pada acara nonton bareng yang digelar di area wilayah masing-masing.

"Seharusnya kan kami diberikan kuota untuk bisa datang dan mendukung. Tapi kami menghargai kebijakan panpel karena Persija tamu undangan. Karena ini hajatan Jatim, tapi kan tetap pesta semua orang. Namun kalau salah satu klub tidak boleh didukung suporternya bagaimana bisa pesta?" ungkap Diky.

[Gambas:Video CNN]
Sementara itu, Presiden Klub Persija, Muhammad Prapanca mengatakan belum mendapatkan kabar terbaru dari Panpel terkait laga final Piala Gubernur Jatim 2020. Informasi terakhir yang didapat hanya soal pemindahan venue pertandingan.

"Belum dapat info lagi [larangan The Jakmania ke Sidoarjo]. Kami masih tunggu panpel bagaimana. Kabarnya boleh ada penonton, tapi nanti lah tunggu hasil koordinasi dengan Kapolda [Jatim]," ungkap Prapanca.

Sebelumnya Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan meminta bantuan Polda Metro Jaya untuk mencegah pergerakan massa Jakmania ke Jawa Timur. Keputusan tersebut diambil setelah kepolisian menggelar rapat koordinasi dengan PSSI dan Pemerintah Provinsi Jatim.
Jakmania Tunggu Surat Resmi Larangan ke Final Piala Gubernur


"Kami sudah koordinasi dengan pihak Polda Metro Jaya untuk melarang [keberangkatan Jakmania],Apabila sudah ada yang sudah telanjur datang, kami juga akan siapkan. Kami kanalisasi untuk disiapkan menonton di tempat dengan di Malang."

"Kami sepakat bahwa untuk suporter dari Persija tidak akan ikut hadir di stadion," katanya Luki. (ttf/jun)