Melandri: Rossi Harus Sadar dan Pensiun dari MotoGP

CNN Indonesia | Rabu, 19/02/2020 17:13 WIB
Marco Melandri yang bersaing dengan Valentino Rossi di MotoGP sepanjang 2003 hingga 2015 meminta Rossi rela menerima kenyataan. Valentino Rossi disarankan pensiun dari MotoGP. (AFP PHOTO / APA / ERWIN SCHERIAU)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juara dunia Grand Prix kelas 250cc 2002, Marco Melandri, menyarankan Valentino Rossi untuk pensiun usai MotoGP 2020. Melandri meminta Rossi rela menerima kenyataan sudah sulit bersaing di MotoGP.

Rossi berada di penujung karier. Pebalap 41 tahun itu akan memutuskan masa depan di MotoGP pada pertengahan musim 2020. Jika tidak tampil kompetitif, Rossi akan memutuskan pensiun.

Melandri yang bersaing dengan Rossi di MotoGP sepanjang 2003 hingga 2015, menyarankan The Doctor untuk pensiun akhir musim ini. Melandri mengatakan Rossi seharusnya sadar sudah tidak mampu bersaing.


"Ini sulit diterima. Tapi, Anda harus sadar dan jujur terhadap diri sendiri. Tidak bagus terus memaksakan ketika Anda tidak mampu memperbaiki prestasi. Para pebalap saat ini 20 tahun lebih muda [dari Rossi] dan mereka berasal dari generasi berbeda," ujar Melandri dikutip dari AS.

Melandri: Rossi Harus Sadar dan Pensiun dari MotoGPMarco Melandri menganggap masa emas Valentino Rossi sudah berakhir. (AFP PHOTO / Maurizio Parenti)
"Mereka punya gaya membalap yang berbeda, fisik berbeda, dan mental berbeda. Fabio Quartararo sebelumnya tidak pernah tampil cepat, tapi saat ini dia menemukan sepeda motor yang cepat dengan gayanya dan tampil meledak," ucap Melandri.

Melandri: Rossi Harus Sadar dan Pensiun dari MotoGP
MotoGP 2020 merupakan musim ke-25 Rossi tampil di ajang Grand Prix sepeda motor. Sepanjang kariernya Rossi sukses merebut sembilan gelar juara dunia, termasuk tujuh kelas primer (MotoGP/500cc).

"Tidak ada pihak yang akan senang melihat Rossi pensiun, terlebih Dorna, karena mereka mendapatkan banyak uang bersama Rossi. Pensiun akan lebih baik daripada melanjutkan karier dan melakukan kesalahan," ucap Melandri.

"Musuh terbesar Anda adalah waktu dan Anda tidak bisa melawannya, waktu terus berjalan. Seorang pebalap harus bisa menerima kenyataan waktu mereka sudah berakhir, bahwa kehidupan berubah," ujar Melandri.

Posisi Rossi di Yamaha usai MotoGP 2020 digantikan Quartararo.

[Gambas:Video CNN] (har/nva)