Final Piala Gubernur Jatim: Duel Kunci Persebaya vs Persija

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 10:52 WIB
Final Piala Gubernur Jatim: Duel Kunci Persebaya vs Persija Duel antarlini Persebaya vs Persija di final Piala Gubernur Jatim 2020. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemain bintang akan adu kemampuan di laga Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta pada final Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2) pukul 15.30 WIB.

Laga ini kembali jadi ajang uji coba para pemain anyar bagi Persebaya dan Persija. Bajul Ijo memiliki pemain baru seperti Rivki Mokodompit, Makan Konate, Arif Satria, Hambali Tholib, dan Patrich Wanggai.

Sedangkan Persija punya deretan pemain anyar yang mentereng untuk diuji di final Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka adalah, Marco Motta, Otavio Dutra, Evan Dimas, dan Alfath Fathier.


Di posisi kiper, laga ini bakal jadi ajang adu solid kiper Persebaya Rivki Mokodompit dan Shahar Ginanjar (Persija).

Rivki kebobolan dua gol dalam laga semifinal lawan Arema FC. Pada laga itu, Bajul Ijo menang 4-2 atas Singo Edan.

David Da Silva penyerang andalan Persebaya. (David Da Silva penyerang andalan Persebaya. (ANTARA FOTO/Moch Asim/ama.)
Rekor kebobolan Shahar lebih baik dari Rivki. Pemain yang menggantikan posisi Andritany Ardhiyasa karena dipanggil Timnas Indonesia itu hanya kebobolan satu gol di semifinal. Saat itu Macan Kemayoran mengalahkan Madura United 2-1.

Sementara di lini belakang, kuartet Abu Rizal Maulana, Arif Satria, Rizky Ridho, Nasir, siap mengamankan pertahanan Persebaya. Duet bek sayap Abu Rizal dan Nasir bakal membantu Bajul Ijo memberi tekanan ke pertahanan Persija.

Persija juga punya empat bek tangguh yang siap membuat frustrasi para penyerang Persebaya. Mereka adalah Marco Motta, Otavio Dutra, Maman Abdul Rahman, dan Alfath Fathier.

Maman dan Otavio Dutra merupakan duet bek tengah yang membuat pertahanan Persija amat kokoh. Sementara mantan bek sayap Juventus, Motta, siap merepotkan pertahanan Persebaya melalui umpan-umpan ciamik.

Duel Antarlini Persebaya vs Persija di Piala Gubernur Jatim
Pertarungan di lini tengah tampaknya yang bakal paling seru. Persebaya kemungkinan dipimpin oleh Makan Konate dan dibantu duet Hambali Tholib serta Muhammad Hidayat di sektor tengah.

Pergerakan Makan Konate tak akan dibiarkan leluasa oleh dua gelandang jangkar Persija, Tony Sucipto dan Rohit Chand. Sementara pelatih Macan Kemayoran, Sergio Farias, kemungkinan menurunkan Evan Dimas sebagai 'sang arsitek' serangan Persija dari tengah.

Pada laga semifinal, Evan Dimas dicadangkan. Posisinya digantikan gelandang muda Andrianus Dwiki Arya.

Laga ini juga bakal jadi ajang adu tajam trio lini depan. Persebaya dan Persija diprediksi sama-sama menerapkan skema 4-3-3.

Bajul Ijo memiliki duet winger cepat, Oktafianus Fernando dan Muhammad Supriyadi. Mereka akan menemani penyerang asal Brasil, David Da Silva.

Lini depan Persija tampaknya lebih menyeramkan dengan trio Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, dan Marko Simic.

Novri dan Riko merupakan dua winger dengan naluri gol yang amat tajam. Ditambah lagi Simic, striker haus gol Persija siap membobol gawang Persebaya.

Simic tercatat masih berstatus pencetak gol terbanyak dengan lima gol di Piala Gubernur Jatim 2020.

Perkiraan Susunan Pemain Persebaya vs Persija:

Persebaya (4-3-3): Rivki Mokodompit; Abu Rizal Maulana, Arif Satria, Rizky Ridho, Nasir; Hambali Tholib, Makan Konate, Muhammad Hidayat; Oktafianus Fernando, David Da Silva, Muhammad Supriadi

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar; Marco Motta, Otavio Dutra, Maman Abdul Rahman, Alfath Fathier; Tony Sucipto, Rohit Chand, Andrianus Dwiki Arya; Novri Setiawan, Marko Simic, Riko Simanjuntak. (bac/jal)