Ketum Jakmania Yakin Tak Ada Suporter Persija ke Sidoarjo

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 14:03 WIB
Ketum Jakmania Yakin Tak Ada Suporter Persija ke Sidoarjo Ilustrasi The Jakmania saat mendukung Persija Jakarta. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Pengurus Pusat The Jakmania, Diky Soemarno, memastikan belum menerima surat resmi yang melarang mereka hadir di final Piala Gubernur Jatim 2020. Meski demikian, Diky yakin tidak ada anggota yang berangkat ke Sidoarjo.

Laga final yang mempertemukan Persebaya Surabaya vs Persija Jakarta akan berlangsung di Stadion Gelora Delta, Kamis (11/2). Namun, sampai dengan saat ini Jakmania maupun Persija belum menerima surat dari panitia pelaksana Piala Gubernur Jatim terkait larangan suporter datang langsung ke stadion.

"Ini sih yang kami pertanyakan, kok kesannya jadi menggampangkan. Mereka seperti tidak siap jadi penyelenggara. Kenapa surat itu penting, karena jadi dasar kami tidak ke sana," kata Diky kepada CNNIndonesia.com, Kamis (20/2).


Ketiadaan surat resmi dari panpel membuat Persija belum memberikan arahan apapun kepada Jakmania walau ia yakin tidak ada anggotanya yang akan datang langsung ke Sidoarjo.

Ketum Jakmania Yakin Tak Ada Suporter Persija ke SidoarjoPersija Jakarta tidak akan dapat dukungan suporter di final Piala Gubernur Jatim 2020. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.)
"Anak-anak tidak ada yang ke sana sih [Sidoarjo] karena memang tahu pertandingan itu tanpa The Jakmania," kata Diky.

"Saya sekarang fokus nobar saja di wilayah masing-masing. Antisipasi kalau ada yang nekat ke sana ya sudah Lillahi ta'ala saja. Sayangnya tidak ada surat resmi."

Sebelumnya salah satu pentolan Bonek, Agus Bimbim telah mengimbau pada Jakmania tidak datang ke Sidoarjo. Imbauan itu dimaksudkan agar tidak terjadi bentrok antarsuporter seperti di Blitar ketika Arema FC berhadapan dengan Persebaya di semifinal Piala Gubernur Jatim, Selasa (18/2).

Ketum Jakmania Yakin Tak Ada Suporter Persija ke Sidoarjo
"Imbauan buat teman-teman Jakmania soal kuota itu dari panitia penyelenggara [panpel], tapi menurut kami tidak usah berangkat [ke Sidoarjo]. Nonton di televisi saja lah. Jangan sampai tragedi di Blitar, bentrok parah terulang lagi. Kasihan Jakmania dari jauh, Jakarta," kata Agus melalui sambungan telepon.

Agus juga mengimbau kepada rekan-rekan Bonek untuk menjaga rumah kedua mereka di Sidoarjo dari bentrokan. Ia berharap final Piala Gubernur Jatim antara Persija melawan Persebaya bisa berlangsung dengan aman dan lancar.

"Kepada teman-teman Bonek saya minta untuk menjaga rumah kedua kita di Sidoarjo. Jangan sampai merusak. Jangan sampai kejadian di Blitar terulang lagi. Kita jaga pertandingan besok [hari ini] biar aman di perjalanan aman juga. Semua kita jaga yang baik-baik supaya di Sidoarjo tidak terjadi apa-apa," pinta Agus. (TTF)