BOPI Pastikan Rekomendasi Liga 1 2020 Terbit Hari Ini

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 02:01 WIB
Kendati masih ada catatan, Ketua BOPI Richard Sam Bera memastikan surat rekomendasi Liga 1 2020 bakal terbit sesuai rencana, Jumat (21/2). Liga 1 2020 bakal dimulai 29 Februari. (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Richard Sam Bera, memastikan rekomendasi Liga 1 2020 bakal terbit sesuai rencana, Jumat (21/2).

Meski surat rekomendasi diterbitkan, Richard mengatakan masih ada beberapa catatan dari BOPI buat operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB) yang harus diselesaikan.
yang ditemui di Rapat Koordinasi PSSI dengan Polri di Hotel Century, Senayan, Jakarta (20/2),

"Secara prinsip semuanya sudah jalan. Rekomendasi sudah bisa keluar tanggal 21. Tapi masih ada beberapa dokumen yang harus dimutakhirkan, seperti KITAS [Kartu Identitas Tinggal Sementara] bagi pemain asing. Jangan seperti tahun lalu," kata Richard ketika ditemui di rapat koordinasi PSSI dengan Polri di Hotel Century, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2).


Keributan antarsuporter yang terjadi di Blitar antara pendukung Arema FC dengan Persebaya Surabaya di semifinal Piala Gubernur Jawa Timur, Selasa (18/2) dianggap tidak memengaruhi keputusan BOPI untuk mengeluarkan rekomendasi. Sebab, hal itu dianggap bukan menjadi ranah LIB melainkan tanggung jawab PSSI Provinsi Jawa Timur.

BOPI Pastikan Rekomendasi Liga 1 2020 Terbit Besok Kericuhan suporter pada laga pembuka Liga 1 2019 menjadi catatan yang ditekankan BOPI kepada PT LIB. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Richard menitipkan pesan kepada LIB supaya insiden keributan antarsuporter yang terjadi pada saat kick off Liga 1 2019 antara PSS Sleman melawan Arema FC di Stadion Maguwoharjo tidak terulang lagi.

"[Bentrok antarsuporter di Blitar] menjadi catatan panpel Jatim bukan LIB. Tapi saya sampaikan itu secara umum. Bisa menjadi contoh juga karena keributan tidak di dekat stadion, tapi jauh."

"Saya juga komunikasikan ini dengan LIB dan Ketua Umum PSSI. Saya sampaikan Direktur Utama LIB, rusuh di kick off 2019 jangan sampai terulang. Itu yang saya tekankan," tegas Richard.

BOPI Pastikan Rekomendasi Liga 1 2020 Terbit Besok

Di sisi lain, Richard juga memastikan tidak adanya tunggakan gaji di 18 klub peserta Liga 1 2020. Meski penunggakan gaji ada di Liga 2 tapi hal itu akan dibicarakan secara khusus setelah adanya permohonan rekomendasi untuk digelarnya Liga 2 2020.

Liga 1 2020 bakal dimulai 29 Februari dan diagendakan bakal diawali laga Persebaya Surabaya vs Persik Kediri.

[Gambas:Video CNN] (ttf/jun)