MotoGP Thailand Aman dari Ancaman Virus Corona

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 12:10 WIB
MotoGP Thailand Aman dari Ancaman Virus Corona MotoGP Thailand 2020 digelar bulan depan. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)
Jakarta, CNN Indonesia -- MotoGP Thailand 2020 di Sirkuit Buriram, 20-22 Maret 2020, dipastikan berjalan sesuai jadwal setelah dinyatakan bebas dari ancaman virus corona.

Kepastian itu didapat setelah Asosiasi Pebalap MotoGP (IRTA) dan pengelola MotoGP, Dorna Sports, melakukan pertemuan dengan Kementerian Kesehatan Thailand. Dalam pertemuan itu pihak pemerintah Thailand menjamin tidak ada ancaman virus corona di negara tersebut.

"Setelah komunikasi dengan pemerintah Thailand, FIM, IRTA dan Dorna Sports bisa memastikan MotoGP Thailand tetap berjalan sesuai rencana bulan depan. Dengan adanya wabah virus corona di dunia, keputusan harus diambil berdasarkan pertimbangan resmi pemerintah," demikian pernyataan resmi FIM dikutip dari Autosport.


Thailand merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang terkena dampak virus corona. Data WHO per Kamis (20/2) total ada 35 orang yang positif terkena virus corona di Thailand.

MotoGP Thailand 2020 berjalan sesuai jadwal.MotoGP Thailand 2020 berjalan sesuai jadwal. (CNN Indonesia/Ahmad Bachrain)
Kondisi itu membuat Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports sempat mempertimbangkan penundaan MotoGP Thailand sampai ada jaminan keselamatan serta kesehatan dari pemerintah Thailand.

MotoGP Thailand Aman dari Ancaman Virus Corona
"Setelah berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan Thailand, Kementerian Olahraga Thailand, mewakili pemerintah Thailand, dipastikan tidak ada ancaman serius dengan pasien yang terinfeksi [virus corona] berada dalam perawatan dan pengawasan ketat," demikian pernyataan resmi FIM.

"Karena itu FIM, IRTA, dan Dorna Sports bisa memastikan MotoGP Thailand akan kembali ke Sirkuit Buriram pada 20 hingga 22 Maret mendatang," tulis pihak FIM.

[Gambas:Video CNN]
MotoGP Thailand merupakan seri kedua MotoGP 2020 setelah MotoGP Qatar. Balapan di Sirkuit Buriram mengalami perubahan jadwal di MotoGP 2020. Seri MotoGP Thailand dipindah Dorna ke Maret 2020 dari musim lalu yang digelar pada Oktober 2019.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menyapu bersih kemenangan di MotoGP Thailand yang dimulai pada 2018. Musim lalu Marquez memastikan gelar juara dunia di Sirkuit Buriram. (har/jal)