Solskjaer Soal Tuduhan Mignolet Curang: Apa Gunanya VAR

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 14:07 WIB
Solskjaer Soal Tuduhan Mignolet Curang: Apa Gunanya VAR Simon Mignolet (tengah) membuat assist saat Club Brugge menahan imbang Manchester United. (Bulent Kilic / AFP
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer merespons tuduhan kiper Club Brugge Simon Mignolet curang saat kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa di Stadion Jan Breydel, Kamis (20/2) malam waktu setempat.

Mignolet menciptakan assist gol yang diciptakan Club Brugge melalui Emmanuel Dennis pada menit ke-15. Assist tersebut diciptakan mantan kiper Liverpool itu melalui tendangan gawang.

Gol tersebut menjadi kontroversi karena Mignolet melakukan tendangan gawang ketika bola masih bergerak. Selain itu MU seharusnya mendapat tendangan pojok, tapi wasit Aleksei Kulbakov memberi tendangan gawang untuk Club Brugge.


Dalam peraturan VAR tidak bisa digunakan untuk memeriksa sebuah tendangan gawang. Kondisi itu membuat Solskjaer berang dan mempertanyakan regulasi yang ada.

MU ditahan imbang Club Brugge di leg pertama 32 besar Liga Europa.MU ditahan imbang Club Brugge di leg pertama 32 besar Liga Europa. (AP Photo/Francisco Seco)
"Lalu apa gunanya VAR? Tidak ada gunanya protes, tapi jelas itu sebuah sepak pojok dan bola masih bergerak [saat ditendang Mignolet]," ujar Solskjaer dikutip dari Caught Offside.

Solskjaer Soal Tuduhan Mignolet Curang: Apa Gunanya VAR
"Tapi tetap kami seharusnya tidak lengah. Kami seharusnya bisa mengantisipasi umpan panjang itu. Tendangan bagus dari Mignolet, tapi seharusnya kami tidak membiarkan itu, itu gol yang terlalu mudah," sambung Solskjaer.

MU sukses menyamakan kedudukan lewat Anthony Martial pada menit ke-36. Gol tersebut menjadi modal berharga bagi MU yang akan menjamu Club Brugge di Stadion Old Trafford pekan depan.

[Gambas:Video CNN]
Solskjaer sendiri menyalahkan kondisi cuaca, lapangan, dan bola usai laga melawan Club Brugge. Solskjaer menganggap bola Molten yang digunakan pada laga Club Brugge vs MU terlalu ringan.

"Anda bisa bertanya ke pemain, bola itu tidak membantu pemain jika Anda ingin bermain sepak bola. Bola berbeda dan sulit untuk dimainkan, tapi kedua tim merasakannya. Bola terlalu ringan, kalian harus mencoba bola itu," ujar Solskjaer. (har/jal)