BOPI Tak Masalah Suporter 'Hardcore' Dukung Klub Liga 1

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 15:36 WIB
BOPI Tak Masalah Suporter 'Hardcore' Dukung Klub Liga 1 BOPI secara resmi menyerahkan rekomendasi untuk digelarnya Liga 1 2020 di Kantor Kemenpora, Jumat (21/2). (CNNIndonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) tak mempermasalahkan keberadaan suporter fanatik di Liga 1 asalkan tetap menjaga sportivitas.

Ketua BOPI, Richard Sam Bera, menyatakan suporter merupakan bagian penting dalam perkembangan sepak bola nasional sehingga diharapkan dapat mengedepankan nilai sportivitas serta menjaga toleransi dengan suporter lain, klub dan lingkungan sekitar.

"Militan boleh, hardcore boleh, tapi tetap jaga sikap. Saya harap suporter jadi aset bagi liga dan jadi nilai tambah buat liga sehingga cita-cita untuk menjadikan Liga 1 2020 sebagai kompetisi terbaik sepanjang sejarah bisa tercapai," ungkap Richard.


Suporter menjadi salah satu aspek penting yang diperhatikan BOPI dalam menerbitkan surat rekomendasi penyelenggaraan Liga 1 2020 yang resmi dikeluarkan hari ini.

BOPI menerbitkan rekomendasi Liga 1 2020 setelah melakukan verifikasi dari sisi hukum negara yang meliputi badan hukum, perpajakan, kontrak pemain izin pemain dan pelatih asing sesuai dengan perundang-undangan di Indonesia. 

BOPI Tak Permasalahkan Suporter 'Hardcore' Dukung Klub Liga 1Liga 1 2020 direncanakan dimulai 29 Februari. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)
BOPI berharap PT Liga Indonesia Baru selaku operator dapat mengelola liga secara profesional dengan mengutamakan aspek bisnis yang menguntungkan.

"Pesan pertama kami buat LIB. Di 2019 kami mengapresiasi tidak ada lagi korban jiwa. Kami berpesan dan mewanti-wanti kejadian di awal musim 2019 itu [kericuhan antarsuporter di laga pembuka Liga 1 2019] tidak terjadi lagi. Namun, catatan kami masih ada kerusuhan yang terjadi. LIB harus mempertahankan dan ditingkatkan supaya kerusuhan suporter tidak terjadi lagi," kata Richard.

BOPI juga berpesan agar klub bisa meningkatkan profesionalitas dan memperhatikan aspek manajemen. Terutama dalam pemenuhan hak dan kewajiban klub terhadap pemainnya.

[Gambas:Video CNN]

BOPI mengapresiasi Liga 1 2019 yang sampai pada akhir musim tidak ada lagi laporan penunggakan gaji yang membuat operasional klub aman.

Kepada pemain yang disebut Richard menjadi aspek integral dari liga, BOPI berharap bisa bersikap profesional menjunjung tinggi sportivitas, fairplay dan bisa menjadi contoh serta inspirasi buat masyarakat Indonesia.

"Pemain diharapkan bisa membuktikan kepada masyarakat bahwa menjadi seorang pesepakbola profesional adalah pekerjaan yang mulia dan membanggakan," sebutnya.

BOPI Tak Permasalahkan Suporter 'Hardcore' Dukung Klub Liga 1


Sementara itu, Direktur Utama LIB, Cucu Somantri mengungkapkan terima kasih atas hubungan yang baik antara operator dan BOPI.

"Kami memperhatikan harapan BOPI ke kami karena itu juga harapan dari masyarakat Indonesia dan pemerintah. Kami siap menerima masukan supaya kami berada di koridor yang diharapkan. Untuk pengelolaan suporter, ini menjadi tanggung jawab bersama. Sebab sepak bola adalah alat untuk persatuan dan kesatuan bukan sebagai perpecahan," jelas Cucu. (ttf/jal)