Rossi Yakin Didepak Yamaha Sejak Oktober 2019

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 18:05 WIB
Rossi Yakin Didepak Yamaha Sejak Oktober 2019 Valentino Rossi menerima keputusan Yamaha mendepaknya dari tim pabrikan. (CNN Indonesia/Dika Kardi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi mengaku sudah yakin akan didepak dari tim pabrikan Yamaha dan digantikan Fabio Quartararo mulai MotoGP 2021 sejak Oktober 2019.

Yamaha mengambil keputusan berani untuk mendepak Rossi dari tim pabrikan mulai MotoGP 2021. Sebagai pengganti Rossi, Yamaha merekrut Quartararo yang musim lalu bersinar bersama Petronas Yamaha. Quartararo akan berduet dengan Maverick Vinales di MotoGP 2021 dan 2022.

Rossi mengaku tidak terkejut dengan keputusan Yamaha. Juara dunia Grand Prix sembilan kali itu sudah yakin akan didepak Yamaha sejak Oktober 2019.


"Saya tidak terkejut sejujurnya. Saya sudah menyadari ini sejak Oktober tahun lalu. Saya ingin memikirkan hal ini ketika saya ada di Thailand, karena penampilan Quartararo benar-benar mengubah situasi," ujar Rossi dikutip dari Daily Star.

Valentino Rossi akan digantikan Fabio Quartararo di Yamaha mulai MotoGP 2021.Valentino Rossi akan digantikan Fabio Quartararo di Yamaha mulai MotoGP 2021. (GIUSEPPE CACACE / AFP)
Quartararo dua kali meraih podium kedua sepanjang Oktober 2019 di MotoGP Thailand dan Jepang. Pebalap asal Prancis itu kemudian gagal finis di MotoGP Australia setelah dijatuhkan Danilo Petrucci di lap pertama.

Rossi Tahu Didepak Yamaha Sejak Oktober 2019
Rossi bisa menerima keputusan Yamaha. Pebalap asal Italia itu tidak ingin buru-buru mengambil keputusan untuk meneruskan karier di MotoGP. Rossi berencana mengambil keputusan terkait masa depan di MotoGP pada pertengahan musim 2020.

"Tentunya jika Yamaha tidak memiliki Quartararo, mungkin kami punya waktu lebih banyak [untuk menentukan masa depan]. Saya tidak pernah berpikir untuk mengatakan 'ya' mempertahankan kursi di Yamaha setelah tampil tidak kompetitif, karena itu hal terburuk buat saya," ucap Rossi.

"Saya tidak berpikir Yamaha tidak menghormati saya. Terutama Yamaha mengatakan jika saya melanjutkan karier mereka akan memberi saya sepeda motor pabrikan. Ini bukan seperti mereka bilang 'Quartararo akan tampil, kamu keluar'," ujar Rossi.

[Gambas:Video CNN] (ptr)