Jelang Piala Dunia, Timnas Indonesia U-20 TC di Eropa

CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 22:42 WIB
Jelang Piala Dunia, Timnas Indonesia U-20 TC di Eropa Shin Tae Yong bakal mengawal skuat Garuda Muda menjalani latihan di Eropa. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut Timnas Indonesia bakal menjalani training center (TC) di Jerman dan Spanyol sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021.

Pemusatan latihan di Eropa merupakan salah satu dari rencana persiapan Timnas Indonesia U-20 selain menjalani uji tanding menghadapi lawan-lawan dari luar negeri.

"Pada Juni nanti, Timnas Indonesia U-20 bakal training center ke Jerman dan Spanyol. Oktober, kami akan datangkan tim luar negeri dari Asia, Eropa Timur dan Afrika. Ini jadi uji coba yang cukup baik untuk kita," jelas Iwan Bule.


Mantan Kapolda Metro Jaya itu memastikan lokasi TC di Jerman dan Spanyol bukan karena isu virus corona yang mendunia. Sebelumnya PSSI memang sempat mempertimbangkan untuk menggelar TC di Korea Selatan dan Jepang.

"Kenapa? Karena dari surat yang kami kirim yang cepat mendapatkan respon dari Jerman dan Spanyol. Jadi tidak ada kaitannya dengan virus corona," tegas Iwan Bule.

Jelang Piala Dunia, Timnas Indonesia U-20 TC di EropaTimnas Indonesia U-20 bakal menjalani program latihan di Eropa. (Dok. PSSI)
Sementara itu, dalam rapat koordinasi dengan Kemenpora PSSI juga melaporkan perkembangan persiapan Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Termasuk proses seleksi pemain dari 52 menjadi 28 yang saat ini masuk dalam nominasi pemain yang dipilih pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong.

Selain itu, Iwan Bule menyebut juga bakal ada penambahan pemain lain dari Garuda Select untuk mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-20. Dari hasil TC di Thailand diketahui bahwa ketahanan fisik pemain Indonesia hanya cukup untuk bermain 2x30 menit.

Jelang Piala Dunia, Timnas Indonesia U-20 TC di Eropa


"Setelah pulang dari TC di Thailand, kami diskusi dengan Shin Tae Yong. Ada catatan di antaranya fisik pemain yang di bawah rata-rata. Sehingga pada tahap pertama TC ini digenjot fisik, lalu kemudian tekniknya belakangan," ujarnya.

Kesebelasan yang sempat dilatih Tae Yong di Thailand pada Januari 2020 itu bakal menjalani agenda Piala Asia di Uzbekistan pada pertengahan Oktober mendatang sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 2021 yang akan berlangsung di Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/nva)