Shin Tae Yong Usai Kalah 1-4 dari Persita: Skor Tidak Penting

CNN Indonesia | Sabtu, 22/02/2020 00:44 WIB
Shin Tae Yong Usai Kalah 1-4 dari Persita: Skor Tidak Penting Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengaku tak cemas usai kalah 1-4 melawan Persita (JUNG Yeon-Je / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengklaim tidak melihat hasil setelah Skuat Garuda dikalahkan Persita Tangerang 1-4 pada laga uji coba yang digelar di Stadion Madya, Senayan, Jumat malam (21/2). 

Persita unggul dua gol di babak pertama lewat gol bunuh diri yang dibuat Rachmat Irianto. Persita kemudian menggandakan keunggulan melalui tembakan keras Samsul Arif yang tak mampu dihadang Andritany Ardhiyasa. 


Di babak kedua, Timnas Indonesia memperkecil keunggulan lewat tendangan bebas yang diambil Rizky Pora. Namun, dua gol tambahan tambahan dibuat beruntun melalui kaki Eldar Hasanovic dan Aldi Al Achya yang bersarang di gawang .


"Untuk skor memang saya sangat kecewa. Memang sangat disayangkan sekali pertandingan berakhir seperti ini. Tapi memang tidak terlalu penting juga skor pertandingan. Tapi uji coba seperti ini penting untuk melihat kemampuan pemain," ucap Shin Tae Yong usai pertandingan. 

Dari 34 pemain plus dua tambahan yang dipanggil di pemusatan latihan kali ini, sembilan pemain sudah dipulangkan lebih awal. Kesembilan pemain ini merupakan pemain dari klub-klub yang bakal berlaga mewakili Indonesia di Piala AFC 2020, Bali United dan PSM Makassar.

Shin Tae Yong juga kehilangan empat pemain yang tidak dapat tampil karena cedera. Dia enggan menyebut siapa empat pemain cedera tersebut. 

"Kali ini strategi tidak diaplikasikan ke pemain, tapi lebih ke mental dan fisik. Anak-anak sangat capek. Tapi saya juga baru tahu kemampuan mereka di level ini karena sebelumnya kan juga tidak ada pertandingan," terangnya. 

[Gambas:Video CNN]
Terpisah, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule yang memantau langsung laga uji coba Timnas Indonesia mengatakan pertandingan melawan Persita kali ini memang tidak melihat hasil akhir. Hal utama yang ingin dilihat Shin Tae Yong yakni peningkatan fisik pemain. 

"Saya tadi dikasih tahu Shin Tae Yong bahwa fisik pemain cukup pesat peningkatannya, itu paling penting."


"Memang menurut pelatih belum maksimal, saya tanya kenapa? Karena mereka capek, konsentrasi kurang. Mereka over fisiknya, kenapa capek tapi tetap dimainkan? Kata dia, di situ kita mau lihat bagaimana mereka bisa main pada saat kondisi capek, sehingga hasil ini kita lihat sampai terakhir," ucap Iwan Bule. 

Selain itu, Iwan Bule berharap usai pemusatan latihan perdana selama seminggu para pemain mendapatkan hasil yang maksimal. Ia juga meminta kepada Shin Tae Yong untuk meningkatkan lagi kemampuan pemain sebelum melakoni laga sisa di Kualifikasi Piala Dunia 2020 melawan Thailand dan Uni Emirates Arab (UEA). 
(bmw/bmw)