Sirkuit Formula E Jakarta Ingin Tiru Roma dan Paris

CNN Indonesia | Minggu, 23/02/2020 01:46 WIB
Penyelenggara Formula E bakal melakukan uji coba pelapisan aspal seperti yang pernah dilakukan di Paris dan Roma. Uji coba pengaspalan Formula E sudah dilakukan. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyelenggara Formula E telah melakukan uji coba pelapisan aspal di atas cobblestone atau blok batu bagian tenggara Silang Monas, Jakarta, Sabtu (22/2).

Pelapisan aspal seluas 60 meter persegi itu disebut sudah pernah dilakukan di Paris, Prancis dan Roma, Italia.

"Pelapisan lalu kemudian dikelupas dilakukan Paris, di Roma, ini dilakukan setiap tahun," ujar Wisnu Wardhana, Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta.


Uji coba dilakukan sebagai cek material yang mudah dikelupas setelah terpasang selama 4x24jam. Rencananya, pengelupasan dijadwalkan pada Rabu (26/2).

[Gambas:Video CNN]
Pekerjaan teknis ini dilakukan sebagai tahap paling awal untuk gelaran Formula E. Proses pengelupasan dapat dilakukan untuk mengembalikan cobblestone timbul kembali.

"Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka setiap selesai gelar Formula E, aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala," lanjut Wisnu.

Sirkuit Formula E Jakarta Ingin Tiru Roma dan Paris
Proses teknis uji coba pelapisan berlangsung 125 menit dini hari. Adapun persiapannya sejak Jumat (21/2) jelang tengah malam.

Selain itu, uji coba dan seluruh pekerjaan diawasi oleh FEO (Formula E Operation) yang sudah memiliki pengalaman membangun berbagai sirkuit di dunia.


Pengaspalan di kawasan perhelatan Formula E Jakarta dijadwalkan mulai Maret dan memakan waktu 1,5 bulan. Rencananya, Formula E Jakarta akan digelar pada 6 Juni 2020.

Pemprov DKI mengklaim telah mengantongi izin penggunaan cagar Budaya Monas untuk Formula E. Namun hingga kini belum ada penjelasan terkait lokasi perhelatan pasti. (jun/jun)