Kontroversi Laga Chelsea vs Tottenham di Liga Inggris

CNN Indonesia | Sabtu, 22/02/2020 22:54 WIB
Kontroversi Laga Chelsea vs Tottenham di Liga Inggris Giovani Lo Celso (kiri) lolos dari kartu merah di laga Chelsea vs Tottenham. (Kirsty Wigglesworth)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah kontroversi mewarnai duel Chelsea vs Tottenham Hotspur di pekan ke-27 Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (22/2).

Dalam pertandingan tersebut tuan rumah Chelsea menang tipis 2-1 atas Tottenham lewat gol Olivier Giroud dan Marcos Alonso di menit ke-15 serta 48'. Sedangkan Tottenham hanya bisa membalas lewat gol bunuh diri Antonio Rudiger di menit ke-89.

Di laga sarat gengsi tersebut beberapa kontroversi terjadi. Salah satunya gelandang Tottenham Giovani Lo Celso yang terhindar dari hukuman kartu merah di menit ke-52.


Ketika itu kapten Chelsea Cesar Azpilicueta hendak menekel bola, di saat yang bersamaan Lo Celso juga ingin kembali menguasai bola tersebut. Namun, saat Azpilicueta berhasil membuang bola keluar lapangan, kaki kanan Lo Celso justru menginjak kaki Azpilicueta.

Insiden tersebut memancing keributan dari kedua kubu. Wasit Michael Oliver sampai menghentikan pertandingan dan mengecek video assistant referee (VAR) guna mengetahui kebenaran dari peristiwa tersebut.

Akan tetapi, VAR menilai pelanggaran dari Lo Celso kepada Azpilicueta itu bukan potensi kartu merah. Tidak hanya itu, Lo Celso juga tidak mendapat kartu kuning atas injakannya kepada Azpilicueta.

Kontroversi berikutnya adalah pengakuan kesalahan dalam mengambil keputusan yang dilakukan pusat VAR Liga Inggris dalam insiden Lo Chelsea tersebut.

Dikutip dari Express, pusat kontrol VAR Liga Inggris yang berada di Stockley Park mengaku membuat keputusan yang salah terhadap kasus Lo Celso. Karena dalam tayangan ulang, gelandang asal Argentina itu dengan jelas menginjakkan kakinya ke tulang kering Azpilicueta.

Wasit Michael Oliver tidak bisa membuat keputusan sendiri karena yang meninjau peristiwa itu adalah pihak Stockley Park. Oliver hanya menerima informasi pelanggaran itu layak kartu merah atau tidak. Monitor besar yang berada di dalam stadion juga tidak menayangkan ulang pelanggaran tersebut.

Menurut laporan BT Sport, Stockley park mengaku membuat keputusan yang salah.

"Kami telah berbicara dengan Stockley Park, yang mengakui mereka salah dalam mengambil keputusan, dan Lo Celso seharunya dikartu merah," demikian kata BT Sport. (sry/sry)