Strategi Fury Kalahkan Wilder: Muslihat Jadi Raksasa

CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 21:21 WIB
Strategi Fury Kalahkan Wilder: Muslihat Jadi Raksasa Tyson Fury disebut memainkan perang mental dengan 'memalsukan' bobot tubuh. (Harry How/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pelatih Tyson Fury, Ben Davison tak percaya bila Fury benar-benar memiliki berat 123kg dalam duel lawan Deontay Wilder. Bobot itu dianggap sebagai salah satu bentuk intimidasi Fury yang berujung sukses.

Fury memiliki bobot tubuh 123kg saat timbang badan. Davison menilai bobot tubuh tersebut sebagai bagian dari psywar Fury terhadap Wilder dan bukan bobot tubuh sebenarnya.

Davinson menganggap Fury melakukan sejumlah trik seperti dengan meminum banyak air putih atau juga dengan pakaian yang dikenakan saat timbang badan sehingga bobot tubuhnya meningkat pesat.


"Secara pribadi, saya percaya ukuran berat tersebut [saat sesi timbang badan berlangsung]. Namun saya tak percaya bahwa Tyson Fury benar-benar punya bobot sebesar itu."

"Saya percaya hal ini bagian dari perang mental. Saya tahu pasti Tyson Fury, saya tahu tubuhnya dan tidak percaya ia bisa menyentuh angka tersebut," ujar Davinson dikutip dari Boxingscene.
Strategi Fury Kalahkan Wilder: Muslihat Jadi RaksasaTyson Fury menang TKO di ronde ketujuh. (Harry How/Getty Images/AFP)

Davinson menilai bobot tubuh Fury hanya ada di angka 118kg.

"Semua yang ada di sesi timbang badan adalah bagian dari pertarungan mental, sebuah hal yang sangat dikuasai Fury," kata Davinson.

Dengan keunggulan yang di atas kertas tercatatat 21kg lebih berat dari Wilder, bobot Fury makin terlihat seperti raksasa di dalam pikiran Wilder.

[Gambas:Video CNN]

Davinson juga menganggap hasil imbang di duel pertama turut memengaruhi pikiran Wilder. Keberhasilan Fury bangkit setelah terkena pukulan telak di ronde ke-12 pada duel pertama membuat kepercayaan diri Wilder ikut goyah.

"Duel ini seperti ronde ke-13. Wilder tidak terlihat percaya diri. Setelah Fury menerima pukulan kanan dari Wilder, Tyson Fury seolah percaya dia bisa mengatasi kekuatan Wilder."
Strategi Fury Kalahkan Wilder: Muslihat Jadi Raksasa
"Keraguan Wilder dimulai sejak ronde ke-12 pada pertarungan pertama. Semuanya berawal dari sana," tutur Davinson. (ptr)