Indra Sjafri: Shin Tae Yong Tak Mungkin Lempar Tanggung Jawab

CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 20:24 WIB
Indra Sjafri: Shin Tae Yong Tak Mungkin Lempar Tanggung Jawab Indra Sjafri tak percaya pelatih Timnas Indonesia lempar tanggung jawab ke pelatih lokal soal pilihan pemain. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengaku tidak percaya jika pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong melempar tanggung jawab atas pemilihan para pemain kepada pelatih lokal.

Sebelumnya, Shin Tae Yong mengatakan bahwa 34 pemain yang dia dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bukan murni dari pilihannya. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut para pemain merupakan rekomendasi dari pelatih lokal seperti Indra Sjafri.

Itu diungkapkan Shin Tae Yong saat Timnas Indonesia kalah 1-4 pada laga uji coba melawan Persita Tangerang di Stadion Madya, Jumat (21/2). Shin Tae Yong mengatakan telah memilih 34 nama dari 75 nama yang tersedia sesuai rekomendasi Indra Sjafri.


"Saya pikir maksudnya bukan begitu. Saya tidak percaya pelatih sekelas coach Shin Tae Yong akan berbicara seperti itu untuk menjawab pertanyaan wartawan. Tidak mungkin dia melempar tanggung jawab kepada orang lain. Saya yakin itu bukan omongan dari Coach Shin," kata Indra Sjafri pada saat launching Liga 1 2020 di Hotel Fairmont, Senin (24/2).

Shin Tae Yong (tengah) mengatakan para pemain saat ini bukan pilihannya. (Shin Tae Yong (tengah) mengatakan para pemain saat ini bukan pilihannya. (CNN Indonesia/ Titi Fajriyah)
Indra menjelaskan sebagai orang baru di persepakbolaan Indonesia Shin Tae Yong tidak punya banyak informasi tentang pemain. Sementara itu, ia mengklaim sudah cukup tahu setelah pertama kali terjun ke Timnas Indonesia pada 2011 silam.

"Saya sudah dari 2011 dan saya orang yang tahu persis perkembangan pemain-pemain di Indonesia. Oleh sebab itu, kami yang pelatih lokal terutama saya dan Nova [Arianto] yang kemarin membawa ke SEA Games pasti dong pemain-pemain kemarin itu coba dipanggil," ujar Indra.

Di sisi lain, lanjut Indra, Shin Tae Yong juga memantau pemain melalui video dan rekaman pertandingan yang ada. Sehingga menurut Indra, apa yang dilontarkan Shin Tae Yong bukan bermaksud untuk membela diri.

Indra memastikan hanya memberikan rekomendasi nama, sedangkan yang memutuskan siapa pemain-pemain yang dipanggil tetap Shin Tae Yong.

Indra Sjafri: Shin Tae Yong Tak Mungkin Lempar Tanggung Jawab
"Dia [Shin Tae Yong] memanggil 34 nama saya tidak ikut. Saya hanya memberikan nama yang saya anggap dan saya pahami mereka pantas untuk dipanggil. Dan rekomendasi saya juga ada yang tidak dipanggil."

"Jadi tidak ada salahnya dia berbicara seperti itu dan memang nyatanya seperti itu. Jadi tidak perlu itu dipermasalahkan. Memang kewajiban pelatih lokal seperti saya itu memberikan rekomendasi dan input kepada pelatih luar," terang Indra Sjafri.

Liga 1 2020, Indra melanjutkan, menjadi kesempatan buat Shin Tae Yong memantau langsung pemain-pemain yang nantinya akan dipanggil ke Timnas Indonesia. (TTF/jun)