PSSI Akan Bentuk Tim Keamanan Khusus untuk Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 22:25 WIB
PSSI Akan Bentuk Tim Keamanan Khusus untuk Timnas Indonesia PSSI berencana memberikan keamanan khusus untuk Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule menyebut bakal membentuk tim pengamanan khusus untuk Timnas Indonesia kala tampil di luar negeri.

Iwan Bule mengatakan keinginan untuk membentuk tim keamanan khusus Timnas Indonesia didapat setelah ia mendampingi skuat Garuda selama 20 hari di SEA Games 2019 lalu. Menurutnya, negara-negara lain terutama yang berada di kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia dan Thailand sudah membawa tim keamanan khusus sebagai pengawalan.

"Pengalaman 20 hari di Manila, Filipina, saya melihat bagaimana tim-tim lain membawa aparat negaranya. Itu sebagai bentuk kehadiran negara. Vietnam, Thailand, Malaysia mereka dikawal aparat negaranya," ucap Iwan Bule saat bincang media di Garuda Sport, Selasa (25/2).


Selain itu, negara-negara lain juga disebut Iwan Bule melengkapi timnya dengan membawa koki sendiri. Bahkan ada pengamanan di tempat makan mereka.

Iwan Bule mengatakan berencana membentuk tim pengamanan khusus untuk Timnas Indonesia. (Iwan Bule mengatakan berencana membentuk tim pengamanan khusus untuk Timnas Indonesia. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Pihak pengamanan negara itu juga menyiapkan rute tersendiri untuk lalu lintas pemain menuju dan dari tempat latihan maupun pertandingan. Termasuk penjagaan saat tim nasional mereka menjalani latihan supaya tidak dimata-matai oleh tim lain.

"Sebab itu, tadi saya minta kepada pihak Kepolisian mohon diberikan unit khusus yang menempel ke kami. Vietnam saja menaruh CCTV di hotel tempat menginap dan bisa dilihat di command center siapa saja yang bertemu. Itu fungsinya untuk melindungi pemain," ujar Iwan.

Permintaan untuk tim pengamanan khusus Timnas Indonesia dikatakan Iwan Bule bukan lantaran kecurigaan terhadap para pemain atau ofisial. Tapi sebagai langkah preventif untuk menjaga supaya tidak ada kelompok-kelompok tertentu yang berusaha memengaruhi.

"InsyaAllah tanggal 26 [Maret] kami ke Thailand sudah ditempel dari Satgas dan Kepolisian. Pada tanggal 31 [Maret] di Bali juga demikian. Ini harapan kami, PSSI, ada perbantuan keamanan buat timnas sepak bola kita," ungkap Iwan Bule.

PSSI Akan Bentuk Tim Keamanan Khusus untuk Timnas Indonesia
Dihubungi terpisah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan setuju dan mendukung sepenuhnya keinginan dari PSSI untuk membentuk tim pengamanan khusus Timnas Indonesia.

"Kami mendukung, ini sangat penting karena kan rawannya di situ. Jadi harus ada pengamanan khusus buat Timnas Indonesia."

"Vietnam itu bahkan latihannya ingin ditonton tidak boleh. Kami memang bawa kemarin [saat SEA Games 2019] TNI atau Polri tapi belum maksimal. Saya setuju itu dan kami mendukung sepenuhnya langkah PSSI," sebut Zainudin. (TTF/sry)