ANALISIS

De Bruyne Menggoda dan Matikan Real Madrid di Saat yang Sama

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 09:12 WIB
Kevin De Bruyne menunjukkan alasan ia pantas diburu oleh Real Madrid. Celakanya, Los Blancos jadi tim contoh korban De Bruyne. Kevin De Bruyne jadi bintang kemenangan Manchester City atas Real Madrid. (AFP/OSCAR DEL POZO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kevin De Bruyne menunjukkan alasan ia pantas diburu oleh Real Madrid. Namun celakanya, Los Blancos jadi tim contoh korban De Bruyne pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Sejak Manchester City mendapat larangan bertanding dua musim di Liga Champions, sejumlah bintang 'The Citizens' dikabarkan bakal pergi dari Manchester.

Salah satu bintang yang dirumorkan bakal pergi adalah Kevin De Bruyne. Real Madrid lalu muncul ke permukaan sebagai salah satu klub yang berminat menggunakan tenaga pemain asal Belgia tersebut.


Madrid memang tengah butuh penyegaran di lini tengah. Pemain-pemain andalan seperti Luka Modric dan Toni Kroos semakin berumur. Kedatangan De Bruyne bakal jadi tambahan kekuatan yang pas karena pemain Belgia itu tengah berada di usia emas dalam kariernya.

Tak hanya itu, kedatangan De Bruyne juga bisa jadi pemicu untuk membangkitkan Eden Hazard. Hazard adalah bintang yang berhasil didapatkan Madrid musim lalu namun tidak bersinar musim ini.
Gol Gabriel Jesus berasal dari assist Kevin De Bruyne.Gol Gabriel Jesus berasal dari assist Kevin De Bruyne. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
Dengan latar belakang sama-sama berasal dari Belgia, De Bruyne punya potensi menarik kualitas terbaik dari Hazard.

Madrid kemudian ditunjukkan kehebatan De Bruyne yang membuat mereka bakal makin jatuh hati. Namun sayangnya, contoh korban kejeniusan De Bruyne kali ini adalah diri mereka sendiri.

De Bruyne jadi bintang kemenangan Manchester City dalam laga lawan Real Madrid di Santiago Bernabeu.

Manchester City sendiri dalam kondisi terjepit dalam laga lawan Real Madrid. Setelah sejumlah peluang mereka gagal berbuah gol, Manchester City justru kebobolan oleh gol Isco Alarcon di menit ke-60.

Gol Isco ini merupakan buah kesalahan lini belakang. Hal tersebut makin membuat Manchester City larut dalam kekecewaan.
Kevin De Bruyne jadi bidikan banyak klub besar Eropa setelah Manchester City terkena larangan bertanding.Kevin De Bruyne jadi bidikan banyak klub besar Eropa setelah Manchester City terkena larangan bertanding. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)
Dampak tersebut terlihat di menit-menit selanjutnya. Man City yang sebelumnya cukup agresif terlihat lemas dalam membangun serangan. Gol Isco benar-benar membuat Manchester Biru terluka.

Dalam situasi sulit tersebut, De Bruyne bisa membuka mata Manchester City. Ketika bek-bek Real Madrid makin waspada, De Bruyne berhasil menunjukkan sihirnya.

Assist De Bruyne ke arah Gabriel Jesus adalah salah satu assist terbaik di Liga Champions musim ini. Dalam kondisi dikepung, bek-bek Real Madrid menduga De Bruyne bakal mendorong bola keluar kotak penalti.

[Gambas:Video CNN]

Namun ternyata De Bruyne memilih melepaskan umpan lambung ke depan gawang. Umpan ini tidak diduga karena hanya ada Gabriel Jesus yang dikawal ketat Sergio Ramos. De Bruyne berhasil mengirim bola pada Jesus yang kemudian menyundul bola masuk ke dalam gawang.

De Bruyne sudah mencatat total 20 assist musim ini. Jumlah tersebut tentu sangat impresif untuk ukuran gelandang serang.

Lima menit berselang, ketika Man City dapat penalti, De Bruyne berani bertindak sebagai eksekutor. Eksekusi De Bruyne dilakukan dengan sempurna sehingga skor berubah menjadi 2-1 yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan 2-1 ini adalah pembuka yang sangat manis bagi Manchester City.Hasil ini membuat mereka bahkan bisa tetap lolos bila menelan kekalahan 0-1 di Stadion Etihad pada leg kedua babak 16 besar mendatang.


Kegemilangan De Bruyne yang ditunjukkan di hadapan publik Santiago Bernabeu telah membuka mata pendukung Los Blancos. De Bruyne mungkin bisa jadi pilihan utama untuk diburu pada bursa transfer mendatang.

Meskipun untuk hal itu, kemungkinan besar bayarannya akan mahal, yaitu berupa tersingkirnya Los Blancos di babak 16 besar. (nva)