Pelatih: Ahsan/Hendra dan Kevin/Marcus Main di Olimpiade 2020

CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 16:30 WIB
Pelatih: Ahsan/Hendra dan Kevin/Marcus Main di Olimpiade 2020 Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra menjadi dua wakil Indonesia di ganda putra. (Dok. PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih ganda putra bulutangkis Indonesia, Herry Iman Pierngadi, memastikan pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan bermain di Olimpiade 2020 Tokyo.

Kepastian itu didapat melalui poin yang diraih kedua pasangan sampai saat ini. Kevin/Marcus saat ini menempati peringkat pertama di perolehan poin menuju Olimpiade 2020 lewat 101.693 poin. Sedangkan Ahsan/Hendra berada di urutan kedua dengan total poin 96.757.

"Sudah pasti [kedua pasangan ke Olimpiade 2020]. Poinnya juga sudah tinggi, tidak bisa terkejar lagi setelah Indonesia jadi juara di Kejuaraan Asia Beregu. Setelah menang itu langsung bisa dipastikan," kata Herry IP kepada CNNIndonesia.com, Kamis (27/2).


Perburuan poin menuju Olimpiade 2020 masih berlangsung sampai Kejuaraan Bulutangkis Asia pada 26 April mendatang. Beberapa turnamen level tinggi dengan perebutan poin yang cukup besar juga masih akan berlangsung.

Kevin/Marcus ada di peringkat satu peringkat kualifikasi Olimpiade 2020.Kevin/Marcus ada di peringkat satu peringkat kualifikasi Olimpiade 2020. (Dok. PBSI)
Mulai dari All England pada 11-15 Maret mendatang. Kemudian India Open 14-29 Maret yang memperebutkan 500 poin, Malaysia Open pada 31 Maret-5 April (500 poin) serta Singapura Open 7-12 April 2020.

"Sebenarnya sudah tidak ikut [turnamen] apa-apa lagi juga sudah aman. Tapi akan tetap turun di beberapa turnamen yang besar nanti," ucap Herry IP.

Pelatih: Ahsan/Hendra dan Kevin/Marcus Main di Olimpiade 2020
Sebagai pelatih Herry IP mengaku sudah puas karena berhasil meloloskan dua pasang ganda putra Indonesia ke Olimpiade. Hal itu sesuai jatah maksimal yang diberikan kepada masing-masing negara di satu sektor yang dipertandingkan.

"Kalau dibilang puas, ya ini hasil maksimal bisa meloloskan dua pasang. Mau lebih puas lagi tiga pasang, tapi tidak mungkin. Untuk sementara saya puas, tapi akan lebih puas lagi kalau salah satunya bisa jadi juara. Kita tunggu hasil akhirnya," ujar Herry IP.

Dalam perjalanan menuju Olimpiade, ada tiga pasang ganda putra Indonesia yang berada di zona delapan besar: Kevin/Marcus, Ahsan/Hendra, dan Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto. Namun, batas maksimal wakil satu negara di sebuah nomor hanya dua wakil. Dengan syarat dua wakil itu ada di posisi delapan besar peringkat kualifikasi Olimpiade 2020.

[Gambas:Video CNN]
PBSI kemudian memutuskan untuk memilih Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra yang merupakan ganda putra Indonesia yang memiliki peringkat terbaik untuk bermain di Olimpiade 2020. Kevin/Marcus saat ini berada di posisi satu, disusul dengan Ahsan/Hendra. Sementara Fajar/Rian ada di peringkat enam.

Terkait wabah virus corona yang menyebabkan gelaran Olimpiade 2020 terancam batal, Herry IP mengatakan masih menunggu kebijakan resmi yang dikeluarkan IOC atau Komite Olimpiade Dunia. Meski begitu, saat ini segala persiapan menuju Olimpiade tetap berjalan normal.

Ahsan/Hendra dan Marcus/Kevin menambah jumlah kontingen Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2020. Sebelumnya, Indonesia sudah meloloskan enam atlet ke Olimpiade, yakni Lalu Muhammad Zohri dari atletik, Riau Egha Agatha dan Diananda Choirunnisa dari panahan, Vidya Rafika dari menembak serta dua atlet dari cabang angkat besi yaitu Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah. (TTF/jal)